SUNARYADI, Bambang and SUFIAN, Syuhada,(22 September 2010), STRATEGI MENINGKATKAN KINERJA BISNIS MELALUI PENCAPAIAN KEUNGGULAN KOMPETITIF (STUDI KASUS : PRODUK AKSES INTERNET BROADBAND SPEEDY DI AREA OPERASIONAL KANDATEL SOLO). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (125kB)
Download (125kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (165kB)
Download (165kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (165kB)
Download (165kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (145kB)
Download (145kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (154kB)
Download (154kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Kandatel Solo adalah unit bisnis yang mempunyai fungsi operasional dan
bertanggung jawab sebagai Delivery Channel bagi segmen personal untuk seluruh
produk TELKOM di wilayah operasionalnya. Area operasi Kandatel Solo
meliputi 8 Kancatel dan 1 Multi Exchange Area (MEA) yang tersebar di 11
Kabupaten dan 1 Kota. Hasil survey pendahuluan menunjukkan pencapaian
kinerja yang masih dibawah target yang ditetapkan. Oleh karenanya penelitian ini
dilakukan untuk menjawab variabel-variabel yang berkaitan dengan terjadinya
kinerja yang tidak memenuhi target.
Model yang dikembangkan dalam penelitian ini melibatkan empat variabel
penelitian yaitu Customer Relationship Management (CRM), implementasi
strategi diferensiasi, keunggulan kompetitif, dan kinerja pasar : kepuasan
pelanggan. Data-data mengenai variabel yang diteliti diperoleh melalui
wawancara kepada 100 pelanggan speedy di wilayah operasional Kandatel Solo
yang tidak termasuk dalam kategori Corporate Line dengan menggunakan
kuesioner. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik
analisis Structural Equation Modeling (SEM).
Hasil analisis dengan menggunakan teknik analisis Structural Equation
Modeling (SEM) menunjukkan bahwa model yang diuji merupakan model yang
sesuai dengan populasi yang diestimasi. Sedangkan dari hasil pengujian hipotesis
menunjukkan bahwa ketiga hipotesis yang diuji seluruhnya dapat diterima dan
dibuktikan secara statistik, yaitu CRM terbukti berpengaruh positif dan signifikan
terhadap keunggulan kompetitif, implementasi strategi diferensiasi terbukti
berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan kompetitif, dan
keunggulan kompetitif terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap
kinerja pasar (kepuasan pelanggan).
Keywords : | Customer Relationship Management (CRM), the differentiation strategy implementation, competitive superiority, market performance (customer’s satisfaction), Customer Relationship Management (CRM), implementasi strategi diferensiasi, keunggulan kompetitif, kinerja pasar (kepuasan pelanggan) |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Eriana Ringgowati |
Date Deposited: | 17 Dec 2020 05:39 |
Last Modified: | 17 Dec 2020 05:39 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/7814 |