SANTOSO, Erwan and MUDIANTONO, Mudiantono,(15 June 2011), ANALISIS KUALITAS LAYANAN JASA PENDIDIKAN LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR NEW VARIAN, NGALIYAN, KOTA SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (69kB)
Download (69kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (27kB)
Download (27kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (27kB)
Download (27kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (37kB)
Download (37kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (29kB)
Download (29kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Pendidikan saat ini merupakan kebutuhan penting gun mempersiapkan
masa depan yang lebih baik. Perubahan – perubahan pola pendidikan sebagai
bagian dari upaya peningkatan kualitas pendidikan, memunculkan banyak institusi
pendidikan informal seperti lembaga-lembaga bimbingan belajar yang saling
bersaing meningkatkan kualitas jasa layanan pendidikannya agar dapat memenuhi
harapan pelanggannya.
Tujuan penelitian dalam tesis ini adalah untuk menganalisis tingkat
kepentingan pelanggan dan kinerja dari kualitas layanan jasa pendidikan di
lembaga bimbingan belajar New Varian, Ngaliyan, kota Semarang agar dapat
diketahui faktor-faktor apa saja yang paling dominan dalam mempengaruhi
kepuasan pelanggan.
Metode pengujian dalam penelitian ini menggunakan IPA ( Importance
Performance Analysis), dimana sampel yang digunakan adalah sebanyak 100
responden. Untuk menganalisis ketepatan dan kecermatan alat ukur dalam
penelitian ini digunakan uji validitas, sedangkan untuk mengukur sejauh mana
hasil suatu pengukuran dapat dipercaya, digunakan uji reliabilitas.
Pengujian validitas dan reliabilitas dilakukan terhadap seluruh indikator
kepentingan dan kinerja semua dimensi, dimana hasilnya berkorelasi positif dan
signifikan secara statistik, hal ini terbukti dari nilai signifikansi yang < 0,05
sehingga dapat disimpulkan bahwa indikator dalam penelitian ini valid.
Sedangkan dari hasil uji reliabilitas menunjukkan besarnya nilai cronbach alpha
adalah > 0,6 sehingga dapat dikatakan bahwa semua konsep pengukur masingmasing variabel dari kuesioner adalah reliabel, dengan demikian masing-masing
konsep variabelnya layak digunakan sebagai alat ukur.
Berdasarkan hasil penelitian ini, selanjutnya pihak pengelola lembaga
bimbingan belajar New Varian, Ngaliyan, kota Semarang dapat menentukan
dimana perubahan kebijakan atas kinerja yang dilakukan untuk melakukan
perbaikan-perbaikan agar dapat memuaskan pelanggan.
Keywords : | Service Quality, Importance Performance Analysis ( IPA )., Kualitas Pelayanan, Importance Performance Analysis (IPA). |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Eriana Ringgowati |
Date Deposited: | 18 Jan 2021 08:19 |
Last Modified: | 18 Jan 2021 08:19 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/8012 |