GUNAWAN, Vania and WIDIYANTO, Ibnu,(28 January 2011), STUDI TENTANG PENGARUH NILAI PELANGGAN INTI DAN PERIPHERAL TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN KARTU KREDIT UNTUK MENINGKATKAN KEPUTUSAN MENGGUNAKAN KARTU KREDIT (Kasus Pada Pengguna Kartu Kredit di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (62kB)
Download (62kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (19kB)
Download (19kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (20kB)
Download (20kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (19kB)
Download (19kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (30kB)
Download (30kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (885kB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (885kB) | Request a copy
Abstract
Dikenalnya sistem pembayaran kredit mampu mengubah pandangan
masyarakat bahwa melakukan pembayaran secara kredit tidak kalah gengsinya
jika dibandingkan dengan melakukan pembayaran secara tunai. Dari berbagai
bentuk sistem pembayaran kredit, sistem pembayaran dengan menggunakan kartu
kredit sangat menarik masyarakat terutama konsumen yang menginginkan cara
pembayaran yang lebih praktis dan relatif lebih aman dibandingkan dengan
pembayaran menggunakan uang tunai. Pada umumnya nasabah bersedia untuk
menggunakan apabila produk (kartu kredit) sesuai dengan harapan yang dimiliki,
ketika akan mengkonsumsinya. Oleh karena itu, penelitian ini meneliti proses dari
nilai pelanggan inti dan nilai pelanggan peripheral dalam upaya meningkatkan
keputusan menggunakan kartu kredit.
Permasalahan penelitian ini bersumber kepada data jumlah pengguna kartu
kredit di Semarang dimana terdapat penurunan jumlah pengguna kartu kredit di
kota Semarang pada tahun 2009 dan dengan 40% pangsa pasar dikuasai oleh
Citibank. Dari permasalahan di atas yang mendasari dilakukan penelitian ini, yaitu
untuk mengetahui bagaimana proses meningkatkan keputusan menggunakan
melalui nilai pelanggan inti dan nilai pelanggan peripheral. Dalam penelitian ini
dikembangkan suatu model teoritis dengan mengajukan tiga hipotesis yang akan
diuji dengan menggunakan Structural Equation Model (SEM) dengan
menggunakan software AMOS 16. Responden yang digunakan dalam penelitian
ini adalah responden dengan usia minimal 21 tahun, yang berada di Semarang dan
telah menggunakan kartu kredit minimal selama 6 bulan dengan jumlah 110
responden.
Hasil pengolahan data SEM dengan model penuh sebagian besar telah
memenuhi criteria Goodness of fit sebagai berikut, nilai chi-square = 117,811;
probability = 0,108; GFI = 0,892; AGFI = 0,853; CMIN/DF = 1,178; RMSEA =
0,040. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa model ini layak untuk digunakan.
Hasil penelitian ini menunjukkan proses untuk meningkatkan keputusan
menggunakan melalui nilai pelanggan inti dan nilai pelanggan peripheral.
Keywords : | core customer value, peripheral costumer value, usage intention, and usage decision, nilai pelanggan inti, nilai pelanggan peripheral, minat menggunakan, dan keputusan menggunakan. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Eriana Ringgowati |
Date Deposited: | 29 Apr 2021 06:41 |
Last Modified: | 29 Apr 2021 06:41 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/8305 |