EFEKTIVITAS IKLAN MEDIA SOSIAL FINTECH ALAMI SHARIA DENGAN PENDEKATAN EPIC MODEL

UTOMO, Rizky Tri and DARWANTO, Darwanto,(26 March 2021), EFEKTIVITAS IKLAN MEDIA SOSIAL FINTECH ALAMI SHARIA DENGAN PENDEKATAN EPIC MODEL. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (39kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (5kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (5kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (85kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (163kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pertumbuhan jumlah pengguna internet selalu meningkat dan sejalan dengan kenaikan jumlah pengguna media sosial di masyarakat Indonesia. Hal tersebut memengaruhi perkembangan pemasaran digital secara masif melalui iklan media sosial. Di lain sisi, pertumbuhan digital juga berdampak pada kemunculan finansial teknologi (Fintech), termasuk Fintech Syariah yang sesuai prinsip Syariah berpotensi meningkatkan pertumbuhan ekonomi dalam negeri. Melihat pertumbuhan pengguna internet mampu memengaruhi efektivitas iklan media sosial Fintech Syariah, analisis diperlukan untuk mengukur efektivitas dari iklan media sosial Fintech Syariah. Penelitian ini bertujuan menganalisis efektivitas iklan media sosial pada Fintech Syariah Alami Sharia dengan metode EPIC Model, yaitu dengan menilai dimensi empathy, dimensi persuasion, dimensi impact, dan dimensi communication. Objek dari penelitian ini adalah Alami Sharia dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Pengambilan sampel memakai metode Purposive Sampling dengan analisis data menggunakan metode analisis deskriptif, analisis tabulasi sederhana, dan skor rata-rata yang dimasukkan dalam rentang skala metode EPIC Model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor dimensi secara parsial dinilai berada pada rentang skala efektif, di mana rinciannya adalah empathy = 3,93, persuasion = 4,02, impact = 3,85 dan communication = 3,99. Hasil skor dari seluruh dimensi secara simultan, yaitu nilai EPIC Rate sebesar 3,95, dinilai berada dalam rentang skala efektif. Atas hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa iklan media sosial pada Fintech Syariah Alami Sharia berdasarkan EPIC Model secara parsial dan simultan berada pada rentang skala efektif.
Keywords : Effectiveness of Advertising, Social Media, EPIC Model, Sharia Fintech, Alami Sharia, Efektivitas Iklan, Media Sosial, EPIC Model, Fintech Syariah, Alami Sharia
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Depositing User: Rizky Tri Utomo
Date Deposited: 10 Jun 2021 08:35
Last Modified: 10 Jun 2021 08:35
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/8747

Actions (login required)

View Item
View Item