CREFIOZA, Omia and KUSUMAWARDHANI, Amie,(17 June 2021), EFEKTIVITAS KINERJA DAN STRATEGI KOMERSIALISASI INKUBATOR BISNIS DARI PERSPEKTIF TENAN: STUDI KASUS DI KKIB UNIVERSITAS DIPONEGORO. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (109kB)
Download (109kB)
Text (Abstract (Inggris))
- Published Version
Download (503kB)
Download (503kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (502kB)
Download (502kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (630kB)
Download (630kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (666kB)
Download (666kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Pemerintah sangat menekankan perhatian pada program inkubasi bisnis yang ada di dalam universitas. Alasan utama dibentuknya inkubator bisnis di universitas adalah untuk mengurangi permasalahan pengangguran di Indonesia.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses inkubasi bisnis, menganalisis efektivitas kinerja inkubator bisnis KKIB Undip dari sudut pandang tenant, dan mengetahui peran inkubator bisnis KKIB Undip dalam strategi komersialisasi para tenantnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara. Penelitian ini menggunakan tiga informan dengan latar belakang yang berbeda. Informan pertama adalah tenant KKIB yang sudah inkubasi. Informan kedua merupakan tenant KKIB yang telah dinyatakan lulus inkubasi, dan informan ketiga merupakan perwakilan dari pengelola inkubator bisnis KKIB.
Hasil pertama menjelaskan bahwa proses inkubasi bisnis dimulai dari pra inkubasi, inkubasi, dan pasca inkubasi. Hasil kedua penelitian ini menunjukkan bahwa inkubator bisnis KKIB Undip sudah baik dalam hal pelayanan prima dan program inkubator, sumber daya manusia inkubator yang handal, serta pertumbuhan bisnis tenant yang semakin meningkat sejak bergabung dengan inkubator bisnis. Hasil terakhir menunjukkan bahwa mereka memiliki business matching dan business pitching dengan strategi komersialisasi. Bagi peneliti selanjutnya, mengkaji lebih dalam peran inkubator bisnis dalam merumuskan strategi komersialisasi bisnis tenant yang diharapkan.
Keywords : | Business Incubation, Incubator, Tenant, Business Incubation Process, Performance, Strategy Commercialization, Inkubasi Bisnis, Inkubator, Tenan, Proses Inkubasi Bisnis, Kinerja, Strategi Komersialisasi |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | OMIA CREFIOZA |
Date Deposited: | 16 Jul 2021 03:32 |
Last Modified: | 16 Jul 2021 03:35 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/8816 |