RIYANTO, Makmun and FERDINAND, Augusty Tae and SULISTYOWATI, Utami Tri,(August 2008), ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EFEKTIFITAS IKLAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP SIKAP MEREK Studi Kasus Pada Iklan Ponds di Kota Semarang. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (11kB)
Download (11kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (8kB)
Download (8kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (7kB)
Download (7kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (121kB)
Download (121kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (220kB)
Download (220kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Tantangan yang dihadapi oleh perusahaan yang bersaing diantaranya adalah
selalu berusaha mendapatkan cara terbaik untuk merebut dan mempertahankan pangsa
pasar. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan mengkomunikasikan produknya
dengan beriklan. Melalui iklan produsen dapat menyampaikan kelebihan atau kekurangan
produk, begitu juga melalui iklan konsumen dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan
produk tersebut.. Iklan cenderung dapat menarik konsumen untuk melakukan pembelian
terhadap suatu produk Oleh karena itu beriklan dituntut efektif agar memberi pengaruh
positif terhadap proses pembelian konsumen.
Agar Efektif iklan harus memiliki daya tarik yang tinggi, harus kreatif dan juga
dapat dilakukan dengan menggunakan endorser yang memiliki kredibilitas tinggi. Iklan
dengan daya tarik tinggi adalah bila memenuhi 3 indikator yaitu meaningful, destinctive
dan believable. Iklan kreatif adalah bila memenuhi indikator unik, smart dan
mengundang rasa ingin tahu. Endorser yang kredibel adalah endorser yang memnuhi 3
indikator yaitu popular, terpercaya dan expertise, sedangkan iklan yang efektif adalah
iklan yang pesannya dipahami, iklannya diingat dan mereknya dikenali. Endorser yang
kredibel dan iklan yang efektif dapat memberikan efek positif pada pembentukan sikap
positif konsumen pada merek yang diiklankan.
Penelitian dilakukan kepada 100 responden yang memenuhi syarat dengan
memberikan kuesioner untuk diisi lengkap,.dari hasil analisis SEM menunjukkan model
memenuhi Goodness of fit index, sehingga dapat dikatakan model penelitian ini layak
untuk digunakan. Pengujian atas hipotesis yang diajukan menunjukkan bahwa ke tujuh
hipotesis telah memenuhi syarat diterima yaitu nilai CR> 2 dengan Probability < 0,05.
Penelitian ini telah membuktikan bahwa efektifitas iklan dan kredibilitas endorser
memberikan pengaruh pada pembentukan sikap positif konsumen pada merek Ponds,
dimana efektifitas iklan sendiri bisa dipengaruhi oleh kreativitas iklan, kredibilitas
endorser dan daya tarik iklan.. Oleh karena itu disarankan untuk meningkatkan
kreativitasiklan dan kredibilitas endorser yang digunakan.
Keywords : | Key Word : Effectively of advertisement, Credibility of endorser, Creativity of advertisement, Credibility of endorser., Kata Kunci : Effektivitas Iklan, Kredibilitas Endoser, Kreatifitas Iklan, Daya Tarik Iklan. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Handri Herawati |
Date Deposited: | 26 Jul 2021 04:41 |
Last Modified: | 26 Jul 2021 04:41 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/8870 |