WARDANA, Muhammad Syuchron Kurnia and RAHARJA, Surya,(25 June 2021), THE INFLUENCE OF CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DISCLOSURE IN FORMING CORPORATE REPUTATION AND ITS IMPACT TO MARKET PERFORMANCE OF FIRMS IN INDONESIA. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (28kB)
Download (28kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (6kB)
Download (6kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (132kB)
Download (132kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (119kB)
Download (119kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (182kB)
Download (182kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (897kB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (897kB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengungkapan corporate sosial responsibility (CSR) dalam membentuk reputasi perusahaan dan dampaknya terhadap kinerja pasar perusahaan. Variabel independen pada penelitian ini adalah Corporate Social Resposnisbility (CSR) dan Reputasi Perusahaan. Sedangkan kinerja pasar perusahaan merupakan variabel dependen yang pengukurannya menggunakan Tobin’s Q. Penelitian ini mengacu pada penelitian yang dilakukan oleh Mansarai and Brima (2017).
Pengaruh pengungkapan CSR terhadap kinerja pasar dengan dimediasi reputasi perusahaan dianggap memiliki pengaruh positif sesuai dengan hipotesis dengan berlandaskan teori stakeholder dan teori sinyal. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama tahun 2017-2019. Metode pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah metode purposive sampling dengan kriteria-kriteria yang telah ditentukan sebelumnya sehingga menghasilkan 50 sampel perusahaan untuk diteliti. Data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan keuangan dan laporan tahunan perusahaan yang diperoleh melalui website www.idx.co.id dan informasi keuangan dari terminal bloomberg. penelitian diuji dengan menggunakan pendekatan Structural Equation Model (SEM) menggunakan software Partial Least Square (PLS).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengungkapan CSR dalam membentuk reputasi perusahaan memiliki pengaruh negatif terhadap kinerja pasar perusahaan (Tobin’s Q). Kemudian pengaruh pengungkapan CSR terhadap kinerja pasar secara langsung juga memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap kinerja pasar (Tobin’s Q). Akan Reputasi Perusahaan memiliki pengaruh positif tetapi signifikan terhadap kinerja pasar (Tobin’s Q).
Keywords : | disclosure of corporate social responsibility (CSR), company reputation, market performance (Tobin's Q), and Bloomberg's ESG, Pengungkapan corporate sosial responsibility (CSR), reputasi perusahaan, kinerja pasar (Tobin’s Q), dan ESG Bloomberg |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Akuntansi |
Depositing User: | Muhammad Syuchron Kurnia Wardana |
Date Deposited: | 04 Aug 2021 03:43 |
Last Modified: | 04 Aug 2021 03:43 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/8958 |