MAFTUCHA, alina and DIRGANTARA, I Made Bayu,(29 June 2021), Social Effect dari Wabah COVID-19 pada Electronic Word of Mouth (eWOM) yang dapat Meningkatkan Purchase Intention pada Toko Online Oleh-Oleh Umroh dan Haji Azzahro. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (43kB)
Download (43kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (183kB)
Download (183kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (184kB)
Download (184kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (192kB)
Download (192kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (331kB)
Download (331kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Seiring berkembangnya zaman, keberadaan internet saat ini merupakan
salah satu kebutuhan yang penting selain dari sandang, pangan, dan papan. Manusia
telah dimudahkan dengan adanya jaringan bernama internet sehingga banyaknya
inovasi yang muncul menggantikan suatu kegiatan semula offline menjadi online.
Belanja merupakan salah satunya, dahulu belanja hanya bisa dilakukan offline
dengan cara pergi ke mall atau toko yang mereka datangi dan mereka butuhkan.
Namun sekarang ini manusia lebih mudah berbelanja hanya dengan melalui ecommerce saja, tentunya berguna sekali pada saat wabah COVID-19 seperti saat
ini. COVID-19 menjadikan segala aktivitas menjadi terhambat tak terkecuali
dengan perbelanjaan, dengan adanya internet maka pembeli dapat membeli produk
atau memesannya dengan online tanpa harus bertatap muka dan penjual tidak perlu
bingung harus kehilangan pembelinya, tentunya sejalan dengan aturan pemerintah
yang mengharuskan untuk berjaga jarak (social distancing). Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui social effect dari wabah COVID-19 pada electronical word of
mouth (eWOM) yang dapat meningkatkan purchase intention pada toko online
oleh-oleh umroh dan haji Azzahro.
Dalam penelitian ini terdapat 10 partisipan yang mana merupakan 1 (satu)
pemilik toko dan 9 (sembilan) konsumen toko online oleh-oleh umroh dan haji
Azzahro. Pendekatan penelitian yang dilakukan oleh peneliti yaitu dengan
menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan wawancara mendalam (in depth
interview). Kemudian teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti ini berupa
metode wawancara, observasi, kajian pustaka dan dokumentasi. Yang mana pada
teknik pengumpulan data selanjutnya peneliti melakukan reduksi data, penyajian
data, dan melakukan penarikan kesimpulan. Pada uji validitas peneliti
menggunakan metode triangulasi data.
Dari hasil penelitian menunjukan bahwa social effect, electronical word of
mouth (eWOM), self congruity theory dan purchase intention saling berhubungan
antara variabel satu dengan yang lainnya. Dimana penelitian tersebut dilakukan
oleh peneliti pada toko online oleh-oleh umroh dan haji Azzahro.
Keywords : | social effect, electronical word of mouth (eWOM), self congruity theory and purchase intention, social effect, electronical word of mouth (eWOM), self congruity theory dan purchase intention. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | alina maftucha |
Date Deposited: | 09 Aug 2021 07:10 |
Last Modified: | 09 Aug 2021 07:10 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/8973 |