Social Effect dari Wabah COVID-19 pada Electronic Word of Mouth (eWOM) yang dapat Meningkatkan Purchase Intention pada Toko Online Oleh-Oleh Umroh dan Haji Azzahro

MAFTUCHA, alina and DIRGANTARA, I Made Bayu,(29 June 2021), Social Effect dari Wabah COVID-19 pada Electronic Word of Mouth (eWOM) yang dapat Meningkatkan Purchase Intention pada Toko Online Oleh-Oleh Umroh dan Haji Azzahro. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (43kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (183kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (184kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (192kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (331kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Seiring berkembangnya zaman, keberadaan internet saat ini merupakan salah satu kebutuhan yang penting selain dari sandang, pangan, dan papan. Manusia telah dimudahkan dengan adanya jaringan bernama internet sehingga banyaknya inovasi yang muncul menggantikan suatu kegiatan semula offline menjadi online. Belanja merupakan salah satunya, dahulu belanja hanya bisa dilakukan offline dengan cara pergi ke mall atau toko yang mereka datangi dan mereka butuhkan. Namun sekarang ini manusia lebih mudah berbelanja hanya dengan melalui ecommerce saja, tentunya berguna sekali pada saat wabah COVID-19 seperti saat ini. COVID-19 menjadikan segala aktivitas menjadi terhambat tak terkecuali dengan perbelanjaan, dengan adanya internet maka pembeli dapat membeli produk atau memesannya dengan online tanpa harus bertatap muka dan penjual tidak perlu bingung harus kehilangan pembelinya, tentunya sejalan dengan aturan pemerintah yang mengharuskan untuk berjaga jarak (social distancing). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui social effect dari wabah COVID-19 pada electronical word of mouth (eWOM) yang dapat meningkatkan purchase intention pada toko online oleh-oleh umroh dan haji Azzahro. Dalam penelitian ini terdapat 10 partisipan yang mana merupakan 1 (satu) pemilik toko dan 9 (sembilan) konsumen toko online oleh-oleh umroh dan haji Azzahro. Pendekatan penelitian yang dilakukan oleh peneliti yaitu dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan wawancara mendalam (in depth interview). Kemudian teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti ini berupa metode wawancara, observasi, kajian pustaka dan dokumentasi. Yang mana pada teknik pengumpulan data selanjutnya peneliti melakukan reduksi data, penyajian data, dan melakukan penarikan kesimpulan. Pada uji validitas peneliti menggunakan metode triangulasi data. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa social effect, electronical word of mouth (eWOM), self congruity theory dan purchase intention saling berhubungan antara variabel satu dengan yang lainnya. Dimana penelitian tersebut dilakukan oleh peneliti pada toko online oleh-oleh umroh dan haji Azzahro.
Keywords : social effect, electronical word of mouth (eWOM), self congruity theory and purchase intention, social effect, electronical word of mouth (eWOM), self congruity theory dan purchase intention.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: alina maftucha
Date Deposited: 09 Aug 2021 07:10
Last Modified: 09 Aug 2021 07:10
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/8973

Actions (login required)

View Item
View Item