PENGARUH ELECTRONIC WORD-OF-MOUTH DI MEDIA SOSIAL TWITTER, BRAND IMAGE, DAN BRAND TRUST TERHADAP PURCHASE INTENTION DAN PURCHASE DECISION (Studi pada Pelanggan Sociolla)

ANNISA, Solichatin and ASTUTI, Sri Rahayu Tri,(25 June 2021), PENGARUH ELECTRONIC WORD-OF-MOUTH DI MEDIA SOSIAL TWITTER, BRAND IMAGE, DAN BRAND TRUST TERHADAP PURCHASE INTENTION DAN PURCHASE DECISION (Studi pada Pelanggan Sociolla). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (39kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (27kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (28kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (112kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (180kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pesatnya perkembangan teknologi informasi yang ada di Indonesia, di mana perkembangan tersebut mengakibatkan pertumbuhan jumlah pengguna media sosial. Di Indonesia sendiri, berdasarkan survey yang dilakukan oleh Hootsuite (We Are Social), pengguna media sosial pada tahun 2020 di Indonesia adalah sebanyak 160 juta pengguna. Dengan meningkatnya pengguna media sosial, E-WOM saat ini telah menjadi media yang paling umum digunakan untuk berbagi informasi tentang berbagai produk dan layanan yang tersedia di pasar. Akan tetapi terdapat penuunan jumlah pengunjung pada website e-commerce Sociolla, yaitu pada tahun 2020 hingga bulan Januari tahun 2021 menurun sebanyak 900 ribu pengunjung. Pada bulan Desember tahun 2020 pengunjung website Sociolla adalah sebanyak 3,75 juta, dan pada bulan Januari 2021 jumlah pengunjung website menjadi 2,85 juta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh E-WOM pada media sosial Twitter, Brand Image, dan Brand Trust pada Purchase Intention dan Purchase Decision. Variabel independen yang digunakan dalam pengujian adalah pengaruh E-WOM, Brand Image, dan Brand Trust. Sedangkan variabel dependen yang digunakan adalah Purchase Intention dan Purchase Decision. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Sociolla yang aktif menggunakan media sosial Twitter selama satu tahun terakhir. Sampel penelitian yang digunakan adalah sejumlah 110 responden dan pengumpulan sampel dengan menggunakan metode purposive sampling. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan SPSS 20 dan AMOS 26. Hasil penelitian menunjukan bahwa Brand Image dan Brand Trust berpengaruh positif terhadap Purchase Intention. Namun, E-WOM tidak memiliki pengaruh positif terhadap Purchase Intention. Brand Image dan Brand Trust juga dtemukan tidak memiliki pengaruh positif terhadap Purchase Decision, akan tetapi Purchase Intention memiliki pengaruh positif terhadap Purchase Decision.
Keywords : E-WOM, Brand Image, Brand Trust, Purchase Intention, Purchase Decision, E-WOM, Brand Image, Brand Trust, Purchase Intention, Purchase Decision
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Solichatin Annisa
Date Deposited: 08 Sep 2021 07:05
Last Modified: 08 Sep 2021 07:05
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/9153

Actions (login required)

View Item
View Item