NADIYANTO, Anggia Anggraini and DJASTUTI, Indi and SUHARNOMO, Suharnomo,(17 September 2009), PENGARUH KEPUASAN KERJA TERHADAP ORGANIZATION CITIZENSHIP BEHAVIOUR (OCB) KARYAWAN PT. TELKOM DIVRE IV SEMARANG DENGAN KOMITMEN ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (44kB)
Download (44kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (43kB)
Download (43kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (43kB)
Download (43kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (49kB)
Download (49kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (64kB)
Download (64kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (623kB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (623kB) | Request a copy
Abstract
Organizational citizenship behavior (OCB) meningkatkan efisiensi dan
efektifitas organisasi dengan memberikan kontribusi terhadap transformasi sumber daya
dan inovasi (Williams & Anderson,1991). Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui
pengaruh dari kepuasan kerja terhadap peningkatang Organizational Citizenship
Behaviour (OCB) dengan melalui komitmen organisasional sebagai variable
intervening. Penggunaan variable-variabel tersebut berdasarkan pada penelitian
terdahulu, seperti William&Anderson (1991) ; Schappe (1998) ; Morrison (2007) ;
Bolon (1997) ; Mubasyir Hasanbari Dana (2007), Moorman, et.al (1993) ; Siti Faizah
(2008), menemukan hubungan antara kepuasan kerja dan komitmen organisasional
terhadap organizational citizenship behaviour. Penggunaan variable-variabel tersebut
dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan-permasalahan OCB yang timbul di PT.
Telkom Divre IV Semarang.
Analisis data dilakukan dengan path analysis yang dilakukan dengan SPSS 12.
Hasil dari analisis data menunjukkan bahwa kepuasan kerja dan komitmen organisasi
memiliki hubungan yang positif dan signifikan terhadap Organizational Citizenship
Behaviour (OCB). Kepuasan kerja juga memiliki pengaruh positif dan signifikan
terhadap komitmen organisasi. Kemudian hasil pengujian intervening melalui sobel test
menunjukkan bahwa memang ada pengaruh intervening kepuasan kerja terhadap OCB,
yaitu melalui variabel intervening komitmen organisasional.
Hasil penelitian empiris mengindikasikan bahwa untuk meningkatkan OCB
karyawan yang rendah, manajemen perlu berfokus pada perbaikan dan peningkatan
kepuasan serta komitmen organisasional karyawannya. Implikasi teoritis serta saran
untuk penelitian mendatang dapat dilihat pada bab akhir penelitian ini.
Keywords : | Keywords : job satisfaction, organizational commitment, organizational citizenship behavior (OCB), Keywords : kepuasan kerja, komitmen organisasi, organizational citizenship behavior (OCB) |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Handri Herawati |
Date Deposited: | 13 Sep 2021 04:02 |
Last Modified: | 13 Sep 2021 04:02 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/9183 |