SUROIJA, Noor and FERDINAND, Augusty Tae and SUTOPO, Sutopo,(June 2010), STUDI TENTANG BRAND RESONANCE MELALUI BRAND FEELING PADA HONDA TIGER DI KOTA SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (14kB)
Download (14kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (9kB)
Download (9kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (10kB)
Download (10kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (17kB)
Download (17kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (521kB)
Download (521kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Membangun ekuitas merek merupakan salah satu bagian penting dari
membangun merek. Membangun ekuitas merek berbasis konsumen merupakan
suatu pendekatan yang banyak diteliti. Ekuitas merek tercapai bila terjadi ikatan
psikologis antara merek dengan konsumen, sehingga tercipta Brand Resonance.
Pemasar melakukan upaya untuk menciptakan resonansi merek Penelitian ini
mengkaji tentang faktor-faktor yang mempengaruhi Brand Resonance.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjawab rumusan masalah dalam
penelitian ini, yaitu bagaimana meningkatkan Brand Resonance melalui Brand
Salience dan Perceived Quality dengan memperhatikan Brand Feeling. Penelitian
ini bertujuan menguji lima hipotesis yaitu semakin tinggi Brand Salience maka
semakin tinggi Brand Resonance, semakin tinggi Brand Salience maka semakin
tinggi Keputusan Pembelian, semakin tinggi Keputusan Pembelian maka semakin
tinggi Brand Feeling, semakin tinggi Perceived Quality maka semakin tinggi
Brand Feeling, dan semakin tinggi Brand Feeling semakin tinggi Brand
Resonance.
Sampel penelitian ini adalah para pengguna Honda Tiger dan menjadi
anggota klub yang mengambil keputusan pembelian dan tinggal di Semarang.
Jumlah responden adalah 125 orang. Teknik analisis data menggunakan SEM
(Structural Equation Model) dari paket software AMOS 18. Model penelitian
yang diajukan dapat diterima dengan asumsi nilai dari Standardized Residual
Covariance tidak ada yang melebihi ± 2,58 dan nilai Determinant of Covariance
Matrix 1882,404.
Pengukuran eksogen dan endogen telah diuji dengan menggunakan analisis
konfirmatori. Selanjutnya dianalisis dengan Structural Equation Model (SEM)
untuk pengujian hubungan kausalitas antar variabel-variabel yang mempengaruhi
dan dipengaruhi oleh brand salience, keputusan pembelian, perceived quality,
brand feeling dan brand resonance. Hasil pengujian telah memenuhi kriteria
Goodness of Fit yaitu chi square =194,064 ; probability = 0,054; GFI = 0,869;
AGFI = 0,832; CFI = 0,979; TLI = 0,975; RMSEA = 0,038; CMIN/DF = 1,183.
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa model tersebut dapat
diterima.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa untuk
meningkatkan Brand Resonance dapat dicapai melaui Brand Feeling yang
diperoleh dari kemantapan keputusan pembelian karena kemenonjolan merek
dalam memori (Brand Salience) serta mendukung pendapat Keller (1993) dan
penelitian Kim et., al. (2004).
Keywords : | Key words: Brand salience, purchase decision, perceived quality, brand feeling, and brand resonance, Kata kunci : Brand Salience, Keputusan Pembelian, Perceived Quality, Brand Feeling dan Brand Resonance |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Handri Herawati |
Date Deposited: | 28 Sep 2021 06:40 |
Last Modified: | 28 Sep 2021 06:40 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/9301 |