DZULFIKAR, Muhammad Zacky and SANTOSA, Purbayu Budi,(25 September 2021), ANALISIS PREFERENSI MUSLIM MILENIAL MEMUTUSKAN BERSEDEKAH DI PLATFORM CROWDFUNDING. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (3MB)
Download (3MB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (3MB)
Download (3MB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (3MB)
Download (3MB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (3MB)
Download (3MB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (3MB)
Download (3MB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Potensi penghimpunan dana sedekah di Indonesia sangat besar. Hal tersebut dikarenakan Indonesia merupakan negara terdermawan di tahun 2020, tren kenaikan penghimpunan dana Zakat Infak Sedekah (ZIS) sampai tahun 2019, serta tren kenaikan penghimpunan dana donasi melalui platform crowdfunding digital. Faktanya, potensi
penghimpunan ZIS baru 4,91% dari potensi yang ada, selain itu masih banyak penghimpunan donasi dari platform crowdfunding yang belum mencapai target, milenial sebagai generasi mayoritas dan dekat dengan teknologi di era digital 4.0, dihadapkan pada pilihan untuk bersedekah secara tradisional maupun melalui platform crowdfunding. Masih sedikit penelitian yang meneliti penghimpunan sedekah oleh muslim milenial di platform crowdfunding. Penelitian ini menganalisis preferensi muslim milenial di Kota Semarang yang terbiasa dengan di gaya hidup Smart City, bersedekah di platform crowdfunding Kitabisa.com. Kitabisa.com merupakan platform fundrising terbaik nasional di tahun 2020.
Populasi pada penelitian ini, muslim milenial Kota Semarang. Teknik pengambilan sampel non probability sampling yaitu purposive sampling, teknik ini tidak memberikan peluang sama bagi setiap populasi, serta pengambilan sampel dari populasi yang memenuhi syarat tertentu. Pengambilan data sampel dilakukan dengan
penyebaran kuesioner kepada 384 responden muslim milenial di Kota Semarang. Metode penelitian menggunakan analisis regresi logistik biner.
Hasil penelitian menunjukan secara simultan terdapat pengaruh keputusan muslim milenial bersedekah di platform crowdfunding Kitabisa.com. Secara parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan pada variabel motivasi religiusitas, persepsi kemudahan, kepercayaan, persepsi kegunaan, pengaruh sosial, dan gaya hidup terhadap
keputusan muslim milenial bersedekah di platform crowdfunding Kitabisa.com, variabel persepsi kemudahan berpengaruh paling kuat dibandingkan variabel lain.
Variabel pendapatan tidak berpengaruh terhadap keputusan muslim milenial bersedekah di platform crowdfunding Kitabisa.com.
Keywords : | Alm, millennial Muslims, digital crowdfunding, religiosity motivation, perceived ease of use, perceived of usefulness, sens of trust, income, social influences, and lifestyle., Sedekah, muslim milenial, crowdfunding digital, motivasi religiusitaspersepsi kegunaan, kepercayaan, pendapatan, persepsi kegunaan,pengaruh sosial, gaya hidup. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Ekonomi Islam |
Depositing User: | S.E. Muhammad Zacky Dzulfikar |
Date Deposited: | 28 Sep 2021 07:26 |
Last Modified: | 28 Sep 2021 07:26 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/9303 |