ANALISIS PREFERENSI MUSLIM MILENIAL MEMUTUSKAN BERSEDEKAH DI PLATFORM CROWDFUNDING

DZULFIKAR, Muhammad Zacky and SANTOSA, Purbayu Budi,(25 September 2021), ANALISIS PREFERENSI MUSLIM MILENIAL MEMUTUSKAN BERSEDEKAH DI PLATFORM CROWDFUNDING. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Potensi penghimpunan dana sedekah di Indonesia sangat besar. Hal tersebut dikarenakan Indonesia merupakan negara terdermawan di tahun 2020, tren kenaikan penghimpunan dana Zakat Infak Sedekah (ZIS) sampai tahun 2019, serta tren kenaikan penghimpunan dana donasi melalui platform crowdfunding digital. Faktanya, potensi penghimpunan ZIS baru 4,91% dari potensi yang ada, selain itu masih banyak penghimpunan donasi dari platform crowdfunding yang belum mencapai target, milenial sebagai generasi mayoritas dan dekat dengan teknologi di era digital 4.0, dihadapkan pada pilihan untuk bersedekah secara tradisional maupun melalui platform crowdfunding. Masih sedikit penelitian yang meneliti penghimpunan sedekah oleh muslim milenial di platform crowdfunding. Penelitian ini menganalisis preferensi muslim milenial di Kota Semarang yang terbiasa dengan di gaya hidup Smart City, bersedekah di platform crowdfunding Kitabisa.com. Kitabisa.com merupakan platform fundrising terbaik nasional di tahun 2020. Populasi pada penelitian ini, muslim milenial Kota Semarang. Teknik pengambilan sampel non probability sampling yaitu purposive sampling, teknik ini tidak memberikan peluang sama bagi setiap populasi, serta pengambilan sampel dari populasi yang memenuhi syarat tertentu. Pengambilan data sampel dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada 384 responden muslim milenial di Kota Semarang. Metode penelitian menggunakan analisis regresi logistik biner. Hasil penelitian menunjukan secara simultan terdapat pengaruh keputusan muslim milenial bersedekah di platform crowdfunding Kitabisa.com. Secara parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan pada variabel motivasi religiusitas, persepsi kemudahan, kepercayaan, persepsi kegunaan, pengaruh sosial, dan gaya hidup terhadap keputusan muslim milenial bersedekah di platform crowdfunding Kitabisa.com, variabel persepsi kemudahan berpengaruh paling kuat dibandingkan variabel lain. Variabel pendapatan tidak berpengaruh terhadap keputusan muslim milenial bersedekah di platform crowdfunding Kitabisa.com.
Keywords : Alm, millennial Muslims, digital crowdfunding, religiosity motivation, perceived ease of use, perceived of usefulness, sens of trust, income, social influences, and lifestyle., Sedekah, muslim milenial, crowdfunding digital, motivasi religiusitaspersepsi kegunaan, kepercayaan, pendapatan, persepsi kegunaan,pengaruh sosial, gaya hidup.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Depositing User: S.E. Muhammad Zacky Dzulfikar
Date Deposited: 28 Sep 2021 07:26
Last Modified: 28 Sep 2021 07:26
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/9303

Actions (login required)

View Item
View Item