KUMALASARI, Fransiska Intan and DIRGANTARA, I Made Bayu,(28 June 2021), STUDI FENOMENOLOGI LINGKUNGAN SOSIAL BUDAYA PADA PENGAMBILAN KEPUTUSAN KREDIT DI BANK CENTRAL ASIA TBK KANTOR WILAYAH II SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (117kB)
Download (117kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (223kB)
Download (223kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (238kB)
Download (238kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (249kB)
Download (249kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (965kB)
Download (965kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Sebagai konsekuensi dari sejarah evolusi manusia, setiap individu tidak bisa hidup
independen dari orang lain, tetapi mereka hidup dalam lingkungan sosial. Individu
ingin diterima oleh orang lain dan membandingkan diri dengan orang lain untuk
pengambilan keputusan dalam mengkonsumsi produk. Oleh karena itu, konsumen
tidak bertindak secara independen dari lingkungan sosialnya. Kerentanan terhadap
pengaruh sosial, keluarga dan referensi kelompok yang tinggi merupakan akar
evolusi dan karakteristik universal manusia. Melihat bahwa pengambilan keputusan
kredit sebagai sebuah fenomena sosial budaya, dimana budaya itu sendiri bisa
muncul karena adanya proses interaksi antara manusia dengan manusia atau antara
manusia dengan lingkungan. Fenomena ini perlu menjadi perhatian serius, karena
pengambilan sebuah keputusan nasabah dalam memilih lembaga perbankan
khususnya dalam hal perkreditan menjadi hal yang penting bagi perbankan itu
sendiri. Memperhatikan fenomena yang terjadi diatas, perlu dilakukan sebuah
penelitian yang dapat dijadikan sebuah rujukan untuk lembaga keuangan dalam
melihat pengaruh lingkungan sosial dalam hal ini lebih difokuskan pada kelompok
ferensi. Dalam penelitian ini, peneliti akan menginvestigasi fenomena pengambilan
keputusan kredit yang yang dipengaruhi oleh kelompok referensi, keluarga dan
kedekatan dengan bank officer di BCA Kantor Wilayah Semarang dengan
menggunakan pendekatan fenomenologi. Hasil dari penelitian ini merupakan salah
satu cara melihat pengaruh dari kelompok referensi dalam mempengaruhi nasabah
mengambil keputusan kredit di suatu lembaga keuangan.
Keywords : | social environment, social influence, reference group, socio-cultural phenomenon, family, decision making, lingkungan sosial, pengaruh sosial, kelompok referensi, fenomena sosial budaya, keluarga, pengambilan keputusan |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Fransiska Intan Kumalasari |
Date Deposited: | 19 Oct 2021 01:55 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 01:57 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/9423 |