SUTOMO, Andhy and MUDIANTONO, Mudiantono and INDRIANI, Farida,(23 June 2009), ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PASIEN DAN PENGARUHNYA TERHADAP MINAT MEREFERENSIKAN PELAYANAN RAWAT JALAN PADA RS PARU – PARU SUKOSARI HUSADA SUKOHARJO. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Rumah sakit merupakan salah satu jenis usaha jasa yang saat ini berada
dalam iklim persaingan sangat ketat. Perjuangan untuk menciptakan bisnis yang
berulang dengan pelanggan menempati titik sentral dalam upaya rumah sakit
untuk tetap unggul pada persaingan jangka panjang. Kualitas pelayanan, nilai
pelanggan dan keunggulan produk menjadi hal yang penting bagi rumah sakit.
Penelitian ini menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan
untuk menciptakan minat mereferensikan jasa rumah sakit di RS Paru – paru
Sukasari Husada Sukoharjo.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah adanya kesejangan atau
perdebatan pada penelitian akan anteseden dan konsekuensi dari kepuasan
pelanggan. Permasalahan lain adalah terjadinya penurunan jumlah pasien rawat
jalan secara terus menerus pada empat bulan terakhir serta adanya peningkatan
jumlah keluhan dari pasien. Responden dalam penelitian ini sebanyak 120 pasien
dengan metode pengambilan sampel menggunakan acidental sampling. Penelitian
ini menggunakan alat analisis Structural Equation Modeling (SEM) yang
dijalankan melalui program AMOS sebagai alat bantu analisisnya.
Hasil penelitian membuktikan bahwa kualitas pelayanan, nilai pelanggan
dan keunggulan produk mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap
kepuasan pelanggan. Selanjutnya, kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan
signifikan terhadap minat mereferensikan jasa rumah sakit. Semakin tinggi
kualitas pelayanan, nilai pelanggan dan keunggulan produk maka kepusan
pelanggan semakin tinggi dan menyebabkan minat mereferensikan jasa rumah
yang semakin tinggi.
Keywords : | Keyword : Service quality, Customer Value, Product Excellence, Customer satisfaction and Hospital Service Reference Enthusiasm, Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Nilai Pelanggan, Keunggulan Produk, Kepuasan Pelanggan dan Minat Mereferensikan Jasa Rumah Sakit |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Handri Herawati |
Date Deposited: | 16 Nov 2021 01:21 |
Last Modified: | 16 Nov 2021 01:21 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/9575 |