YOHANA, Veronica and SOESANTO, Harry and INDRIANI, Farida,(2 February 2010), STUDI PENGARUH KREATIVITAS DAN DAYA TARIK IKLAN TELEVISI UNTUK MEMBANGUN LOYALITAS MEREK. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (136kB)
Download (136kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (125kB)
Download (125kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (126kB)
Download (126kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (136kB)
Download (136kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (441kB)
Download (441kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Kreativitas dan daya tarik iklan merupakan hal penting untuk membangun
kesadaran merek, sikap merek, dan loyalitas merek. Hal ini diterapkan pada iklan
Mie Sedaap yang menunjukan adanya masalah dalam iklan Mie Sedaap karena
ternyata setiap tahunnya nilai TOM Brand dan TOM Ad mengalami penurunan.
Selain itu juga adanya research gap mengenai penggunaan iklan sebuah merek
yang berpengaruh terhadap loyalitas merek.
Model penelitian ini menggunakan empat hipotesis yaitu kreativitas iklan
berpengaruh positif terhadap kesadaran merek, daya tarik iklan berpengaruh
positif terhadap kesadaran merek, kesadaran merek berpengaruh positif terhadap
sikap merek, dan sikap merek berpengaruh positif terhadap loyalitas merek.
Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan
menggunakan non probability sampling, yaitu metode purposive sampling
berdasarkan pertimbangan tertentu, dimana sampel dipilih dengan menggunakan
syarat-syarat yang dipandang memiliki ciri-ciri esensial yang relevan dengan
penelitian. Responden yang digunakan sebanyak 125 responden. Teknik analisis
data yang digunakan adalah Structural Equation Modelling (SEM) dari paket
software AMOS 16.0 dalam model pengkajian hipotesis.
Model pengukuran eksogen dan endogen telah diuji dengan menggunakan
analisis konfirmatori. Selanjutnya model pengukuran tersebut dianalisis dengan
Structural Equation Model (SEM) untuk model pengujian hubungan kausalitas
antar variabel-variabel yang mempengaruhi dan dipengaruhi oleh kreativitas iklan,
daya tarik iklan, kesadaran merek, sikap merek, dan loyalitas merek. Berdasarkan
hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa model tersebut dapat diterima.
Keywords : | Keywords: advertising creativity, advertising appeals, brand awareness, brand attitude, and brand loyalty, Kata kunci: kreativitas iklan, daya tarik iklan, kesadaran merek, sikap merek, dan loyalitas merek. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Handri Herawati |
Date Deposited: | 25 Nov 2021 03:19 |
Last Modified: | 25 Nov 2021 03:19 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/9638 |