PRATIWI, Bintang Mega and MAHFUDZ, Mahfudz,(29 September 2021), PENGARUH DUKUNGAN SELEBRITI, KONTEN IKLAN, DAN ULASAN ONLINE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PAKAIAN DENGAN MINAT BELI KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Platform Instagram di Provinsi Jawa Tengah). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (27kB)
Download (27kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (103kB)
Download (103kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (11kB)
Download (11kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (80kB)
Download (80kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (147kB)
Download (147kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Instagram adalah aplikasi media sosial berbagi gambar yang memungkinkan penggunanya dapat mengambil foto, video, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial, maupun Instagram itu sendiri. Beberapa strategi pemasaran yang dapat dilakukan pada platform Instagram adalah penggunaan dukungan selebriti, konten iklan, dan ulasan online. Penelitian ini didasarkan pada fenomena bisnis dimana terdapat risiko beriklan di Instagram yaitu perusahaan mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk melakukan iklan pada platfrom ini hingga mengalami kerugian dikarenakan segala upaya beriklan di platform ini tidak menghasilkan keputusan pembelian. Selain itu, terdapat perbedaan hasil penelitian, pada peneltian terdahulu dimana dukungan selebriti, konten iklan, dan ulasan online pada platfrom Instagram dinyatakan dapat meningkatkan minat beli dan keputusan pembelian. Namun, terdapat penelitian yang menjelaskan tidak adanya pengaruh dukungan selebriti, konten iklan, dan ulasan online terhadap minat beli dan keputusan pembelian konsumen. Berdasarkan permasalahan tersebut penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dukungan selebriti, konten iklan dan ulasan online terhadap keputusan pembelian dengan minat beli sebagai variabel intervening.
Variabel penelitian yang digunakan pada penelitain ini adalah dukungan selebriti, konten iklan, dan ulasan online sebagai varibel independen, minat beli sebagai variabel intervening dan, keputusan pembelian sebagai variabel dependen. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah pengguna aplikasi Instagram di wilayah Jawa Tengah. Sampel yang digunakan adalah pengguna aplikasi Intagram yang pernah melakukan pembelian pada online shop di Instagram dengan batasan usia 15-30 tahun. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik non-probability sampling dengan mengambil 100 responden. Data yag diperoleh dari kuesioner kemudian diolah dan dianalisis menggunakan SEM (Structural Equation Modelling) dengan program AMOS.
Hasil penelitian menunjukkan ke-empat hipotesis yang diajukan dapat diterima dengan pengaruh yang positif dan signifikam. Dukungan selebriti berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Konten iklan dan ulasan online berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli. Minat beli berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.
Kata Kunci: Dukungan selebriti, Konten Iklan, Ulasan Online, Minat Beli, Keputusan Pembelian
Keywords : | Celebrity endorsement, Advertising Content, Online Reviews, Buying Interest, Purchasing Decision., Dukungan selebriti, Konten Iklan, Ulasan Online, Minat Beli, Keputusan Pembelian |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Mega BIntang |
Date Deposited: | 06 Dec 2021 08:56 |
Last Modified: | 06 Dec 2021 08:56 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/9680 |