ROMADHONA, Thithit and PERDHANA, Mirwan Surya,(30 November 2021), MEMAHAMI PERILAKU KONSUMEN SEBELUM DAN SELAMA MASA PANDEMI COVID-19. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (186kB)
Download (186kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (183kB)
Download (183kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (182kB)
Download (182kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (189kB)
Download (189kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (426kB)
Download (426kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan yang penulis lakukan melalui wawancara langsung kepada orang-orang yang bertindak sebagai pengatur keuangan di sebuah keluarga terkait perubahan pembelian selama pandemi covid-19 menunjukkan persepsi dan
perilaku pembelian yang bervariasi. Penelitian lebih lanjut mengenai dampak pandemi covid-19 terhadap perubahan perilaku membeli konsumen terhadap pengambilan sikap dalam memutuskan untuk membeli suatu barang maupun jasa. Hal ini perlu dilakukan karena di Indonesia merupakan negara yang tidak
memberlakukan lockdown sehingga kondisi ini akan menimbulkan perilaku yang berbeda dengan kondisi yang terjadi di luar negeri. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis perubahan perilaku pembelian konsumen di Indonesia terhadap kebutuhan pokok barang dan jasa selama masa pandemi covid-19 di Indonesia dan faktor-faktor yang berperan dalam menentukan keputusan pembelian konsumen di Indonesia terhadap kebutuhan pokok barang dan jasa sebelum dan selama pandemi
covid-19. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah 30 orang konsumen. Analisis data menggunakan structural equation modeling. Berdasarkan hasil penelitian, perubahan perilaku pembelian konsumen di
Indonesia terhadap kebutuhan pokok barang dan jasa selama masa pandemi Covid-19 di Indonesia adalah pada pergeseran dari pola pembelian offline menjadi online, serta adanya pergeseran dari pembelian produk yang dibelinya selama
pandemi Covid-19 yang beralih dari pos untuk kegiatan travelling, pembelanjaan kebutuhan pakaian maupun kebutuhan tersier beralih pada produk kesehatan seperti penyanitasi tangan, vitamin dan masker, maupun kuota data yang mendukung
aktivitas work from home maupun aktivitas belajar bagi yang sudah memiliki anak usia sekolah. Faktor yang berperan menentukan keputusan pembelian tersebut adalah adanya kenyamanan, harga bersaing dan kualitas produk kesehatan.
Keywords : | consumer behavior, pandemic, Covid-19, perilaku konsumen, pandemi, Covid-19 |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | THITHIT ROMADHONA |
Date Deposited: | 22 Dec 2021 04:24 |
Last Modified: | 22 Dec 2021 07:25 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/9792 |