PENGARUH PERSEPSI DUKUNGAN ORGANISASI DAN TUNTUTAN PEKERJAAN TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR DENGAN KOMITMEN ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada Perawat Rumah Sakit Islam Banjarnegara)

NINGRUM, Anisa Tri Setia and DJASTUTI, Indi,(23 February 2022), PENGARUH PERSEPSI DUKUNGAN ORGANISASI DAN TUNTUTAN PEKERJAAN TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR DENGAN KOMITMEN ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada Perawat Rumah Sakit Islam Banjarnegara). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (37kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (6kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (7kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (171kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (253kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini pada dasarnya bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh dari dukungan organisasi dan tuntutan pekerjaan terhadap organizational citizenship behavior melalui komitmen organisasi sebagai variabel intervening pada Rumah Sakit Islam Banjarnegara. Sumber data pada penelitian ini adalah data primer melalui pendistribusian kuesioner penelitian, serta data sekunder melalui jurnal, buku, dan data-data relevan yang diperoleh dari perusahaan. Penelitian ini menggunakan populasi perawat pada Rumah Sakit Islam Banjarnegara. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuisioner pada 127 orang yang bekerja di Rumah Sakit Islam Banjarnegara baik pria maupun wanita, dan kuisioner yang terisi sebanyak 103. Penelitian ini mengambil keseluruhan jumlah populasi yang ada untuk dijadikan data riset atau disebut sensus. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modelling, dengan menggunakan program SmartPLS. Hasil penelitian melalui analisis SEM menunjukkan variabel dukungan organisasi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap OCB, sementara tuntutan pekerjaan berpengaruh negative dan tidak signifikan terhadap OCB. Komitmen organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap OCB. Kemudian dukungan organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasi dan tuntutan pekerjaan berpengaruh negative dan signifikan terhadap komitmen organisasi. Diketahui juga bahwa variabel komitmen organisasi dapat memediasi hubungan antara dukungan organisasi terhadap OCB, namun gagal memediasi tuntutan pekerjaan terhadap OCB.
Keywords : Perceived Organizational Support, Job Demand, Organizational Commitment, Organizational Citizenship Behavior., Dukungan Organisasi, Tuntutan Pekerjaan, Komitmen Organisasi, Organizational Citizenship Behavior.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Anisa Tri Setia Ningrum
Date Deposited: 21 Mar 2022 07:54
Last Modified: 21 Mar 2022 07:54
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10381

Actions (login required)

View Item
View Item