OVALIANA, Wiharti Dwi and MAHFUDZ, Mahfudz,(21 April 2022), PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN CUSTOMER RATING TERHADAP KEPERCAYAAN KONSUMEN DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi pada Konsumen Produk Kecantikan Make Over di Kota Semarang melalui Marketplace Shopee). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (239kB)
Download (239kB)
Text (Abstak (Ingris))
- Published Version
Download (209kB)
Download (209kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (210kB)
Download (210kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (354kB)
Download (354kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (361kB)
Download (361kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Meningkatnya kesadaran wanita untuk mempercantik diri melalui
serangkaian kosmetik membuat merek-merek kosmetik di Indonesia kini berlomba
untuk dapat menarik minat pembelian konsumen dan diimbangi dengan
perkembangan teknologi yang semakin canggih sehingga dapat menggeser
perubahan manusia dalam hal belanja yang semula offline kini menjadi online
dengan bantuan smartphone. Make Over merupakan salah satu kosmetik lokal yang
memiliki kualitas internasional berkesan mewah dengan balutan warna hitam di
setiap kemasan. Penelitian yang dilakukan untuk menguji pengaruh online
customer review dan customer rating terhadap kepercayaan konsumen dan
keputusan pembelian produk Make Over di Marketplace Shopee. Penelitian
dilatarbelakangi oleh perbedaan penilaian pembelian produk secara online dengan
offline.
Penelitian diawali dengan mengembangkan kerangka pemikiran penelitian
dengan menganalisis adanya hubungan antara online customer review dan customer
rating terhadap kepercayaan konsumen dan keputusan pembelian. Sampel data
yang digunakan yaitu sebanyak 110 responden dengan menyebarkan kuesioner
yang terdiri atas pertanyaan terbuka dan pertanyaan tertutup. Responden yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu wanita berdomisili Kota Semarang dan
menggunakan produk Make Over, lalu data dianalisis menggunakan metode
structural equation modeling (SEM) dengan program analysis moment of structural
(AMOS) versi 24.
Berdasarkan hasil penelitian ditemukan hasil bahwa online customer review
memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan konsumen,
customer rating memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan
konsumen, online customer review memiliki pengaruh positif dan signifikan
terhadap keputusan pembelian, customer rating memiliki pengaruh positif dan
signifikan terhadap keputusan pembelian, dan kepercayaan konsumen memiliki
pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Oleh karena itu
maka seluruh hipotesis diterima. Diharapkan dari hasil implikasi manajerial
penelitian dapat menjadi saran perbaikan bagi produk Make Over pada PT Paragon
Technology and Innovation.
Keywords : | online customer review, customer rating, consumer trust, and purchasing decisions., online customer review, customer rating, kepercayaan konsumen, dan keputusan pembelian. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | wihartidwi ovaliana |
Date Deposited: | 20 May 2022 07:07 |
Last Modified: | 20 May 2022 07:07 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10698 |