PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN CUSTOMER RATING TERHADAP KEPERCAYAAN KONSUMEN DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi pada Konsumen Produk Kecantikan Make Over di Kota Semarang melalui Marketplace Shopee)

OVALIANA, Wiharti Dwi and MAHFUDZ, Mahfudz,(21 April 2022), PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN CUSTOMER RATING TERHADAP KEPERCAYAAN KONSUMEN DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi pada Konsumen Produk Kecantikan Make Over di Kota Semarang melalui Marketplace Shopee). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (239kB)
[thumbnail of Abstak (Ingris)] Text (Abstak (Ingris)) - Published Version
Download (209kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (210kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (354kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (361kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Meningkatnya kesadaran wanita untuk mempercantik diri melalui serangkaian kosmetik membuat merek-merek kosmetik di Indonesia kini berlomba untuk dapat menarik minat pembelian konsumen dan diimbangi dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih sehingga dapat menggeser perubahan manusia dalam hal belanja yang semula offline kini menjadi online dengan bantuan smartphone. Make Over merupakan salah satu kosmetik lokal yang memiliki kualitas internasional berkesan mewah dengan balutan warna hitam di setiap kemasan. Penelitian yang dilakukan untuk menguji pengaruh online customer review dan customer rating terhadap kepercayaan konsumen dan keputusan pembelian produk Make Over di Marketplace Shopee. Penelitian dilatarbelakangi oleh perbedaan penilaian pembelian produk secara online dengan offline. Penelitian diawali dengan mengembangkan kerangka pemikiran penelitian dengan menganalisis adanya hubungan antara online customer review dan customer rating terhadap kepercayaan konsumen dan keputusan pembelian. Sampel data yang digunakan yaitu sebanyak 110 responden dengan menyebarkan kuesioner yang terdiri atas pertanyaan terbuka dan pertanyaan tertutup. Responden yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wanita berdomisili Kota Semarang dan menggunakan produk Make Over, lalu data dianalisis menggunakan metode structural equation modeling (SEM) dengan program analysis moment of structural (AMOS) versi 24. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan hasil bahwa online customer review memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan konsumen, customer rating memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan konsumen, online customer review memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, customer rating memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dan kepercayaan konsumen memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Oleh karena itu maka seluruh hipotesis diterima. Diharapkan dari hasil implikasi manajerial penelitian dapat menjadi saran perbaikan bagi produk Make Over pada PT Paragon Technology and Innovation.
Keywords : online customer review, customer rating, consumer trust, and purchasing decisions., online customer review, customer rating, kepercayaan konsumen, dan keputusan pembelian.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: wihartidwi ovaliana
Date Deposited: 20 May 2022 07:07
Last Modified: 20 May 2022 07:07
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10698

Actions (login required)

View Item
View Item