ANALISIS PENGARUH KEPERCAYAAN, KEMUDAHAN PENGGUNAAN, DAN DESAIN USER INTERFACE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE PADA E-COMMERCE TOKOPEDIA

ADITYA, Muhammad Rimbang and KHASANAH, Imroatul,(22 June 2022), ANALISIS PENGARUH KEPERCAYAAN, KEMUDAHAN PENGGUNAAN, DAN DESAIN USER INTERFACE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE PADA E-COMMERCE TOKOPEDIA. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (36kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (200kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (202kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (230kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (639kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi sekarang semakin maju dan mengalami perkembangan setiap saat. Perkembangan tersebut dapat ditemukan dalam bidang kehidupan mulai dari transportasi, komunikasi elektronik, dan jual beli. Dalam memenuhi kebutuhan yang diinginkan, salah satu yang paling terlihat dari perkembangan teknologi tersebut adalah pembelian secara online atau disebut juga online shopping. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kepercayaan, kemudahan penggunaan, dan desain user interface terhadap keputusan pembelian online di Tokopedia. Populasi pada penelitian ini adalah orang yang sudah pernah melakukan pembelian secara online di Tokopedia. Sampel yang diambil sebanyak 200 responden. Data yang didapat dianalisis menggunakan program IBM SPSS Statistics 26. Hasil temuan dari penelitian ini adalah bahwa indikator-indikator pada penelitian ini bersifat valid dan variabelnya bersifat reliabel. Hasil analisis membuktikan bahwa ketiga variabel yang digunakan dalam penelitan ini yaitu variable kemudahan penggunaan menunjukan hasil yang paling dominan dalam mempengaruhi keputusan pembelian dengan koefisien regresi sebesar 0,296, lalu diikuti oleh variable kepercayaan dengan koefisien regresi sebesar 0,207 dan variable desain user interface dengan koefisien regresi sebesar 0,163. Hasil penelitian tersebut menyatakan bahwa semua variable independen berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian secara online di Tokopedia.
Keywords : trust, ease of use, user interface design, purchasing decision, kepercayaan, kemudahan penggunaan, desain user interface, keputusan pembelian.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Muhammad Rimbang Aditya
Date Deposited: 07 Jul 2022 06:32
Last Modified: 07 Jul 2022 06:32
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11086

Actions (login required)

View Item
View Item