PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN INVESTOR ATTENTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Empiris pada Perusahaan Infrastruktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018 - 2020)

YULIARTANTI, Adelia Rahma and HANDAYANI, Sri,(30 June 2022), PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN INVESTOR ATTENTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Empiris pada Perusahaan Infrastruktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018 - 2020). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (501kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris] Text (Abstrak (Inggris) - Published Version
Download (411kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (438kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (501kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (496kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji pengaruh pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap nilai perusahaan dengan investor’s attention sebagai variabel intervening pada perusahaan sektor infrastruktur yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2018-2020. Nilai perusahaan dalam penelitian ini dihitung dengan return saham perusahaan. Dengan lebih banyaknya informasi yang diberikan oleh perusahaan akan menarik perhatian investor (investor’s attention) dan akan mengurangi asimetri informasi. Populasi dalam penelitian ini diambil dari perusahaan yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (BEI) sektor Infrastruktur pada tahun 2018-2020. Pengambilan sampling menggunakan metode purposive judgment sampling yang akhirnya didapatkan 18 dari 71 perusahaan yang terdaftar di web BEI. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi partial (Partial Least Square/PLS). Menghasilkan bahwa pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) sosial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan sedangkan pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) ekonomi dan lingkungan berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan, dan pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) ekonomi, sosial dan lingkungan berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan dengan investor’s attention sebagai variabel intervening.
Keywords : Disclosure of Corporate Social Responsibility (CSR), Company Value, Investor’s Attention, Economic CSR, Environmental CSR, Social CSR, Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR), Nilai Perusahaan, Investor’s Attention, CSR Ekonomi, CSR Lingkungan, CSR Sosial.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Adelia Rahma Yuliartanti
Date Deposited: 28 Jul 2022 01:16
Last Modified: 28 Jul 2022 01:17
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11225

Actions (login required)

View Item
View Item