KEPEMIMPINAN WANITA PADA PERGURUAN TINGGI (Studi Kasus pada Dekan Wanita di Kota Semarang)

KRISTIYANTI, Ovi Savitri and SUHARNOMO, Suharnomo and MAHFUDZ, Mahfudz,(December 2016), KEPEMIMPINAN WANITA PADA PERGURUAN TINGGI (Studi Kasus pada Dekan Wanita di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (27kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (21kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (19kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (131kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (217kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pemimpin wanita di perguruan tinggi jumlahnya semakin meningkat terutama yang menjabat sebagai dekan di Kota Semarang. Pemilihan dekan wanita di Kota Semarang dilakukan dengan tahapan dan cara yang berbeda-beda. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor terpilihnya dekan wanita, gaya kepemimpinan, dan kendala yang dihadapi oleh dekan wanita di Kota Semarang. Metodologi penelitian kualitatif dan pendekatan studi kasus digunakan dalam penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini antara lain: 6 orang dekan wanita, 6 orang senat fakultas, dan 6 orang karyawan. Analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Teknik triangulasi dilakukan untuk mengecek keabsahan data. Faktor keterpilihan dekan wanita di Kota Semarang antara lain: memiliki karakter yang baik, mendapat dukungan dari berbagai pihak, kompeten dan berpengalaman, memiliki visi yang menarik, dan terpilih karena keputusan pimpinan. Gaya kepemimpinan yang diterapkan adalah gaya kepemimpinan transformasional. Kendala yang dihadapi antara lain: peningkatan kualitas akademik, infrastruktrur, kedisiplinan dosen, dan komunikasi dengan dosen senior.
Keywords : leadership, women dean, leadership style, constraints and challenges., kepemimpinan, dekan wanita, gaya kepemimpinan, kendala dan tantangan.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Mohamad Sulamul Hadi
Date Deposited: 02 Aug 2022 02:37
Last Modified: 02 Aug 2022 02:37
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11248

Actions (login required)

View Item
View Item