PRABANTAMA, Hanif Patria and PARASETYA, Mutiara Tresna,(11 August 2022), PENGARUH PROFITABILITAS DAN TATA KELOLA PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Barang Konsumsi Primer yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019-2021). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (61kB)
Download (61kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (109kB)
Download (109kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (111kB)
Download (111kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (131kB)
Download (131kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (198kB)
Download (198kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
- Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Peningkatan Nilai Perusahaan merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi suatu perusahaan karena hal tersebut merupakan tolak ukur keberhasilan perusahaan di mata pemangku kepentingan. Peningkatan Nilai Perusahaan dipengaruh oleh banyak hal mengingat pengungkapan informasi perusahaan sangat bervariasi, sehingga perlu dikaji lebih dalam terkait pengaruh dan karakteristiknya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari Tata Kelola Perusahaan dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan melalui pengungkapan Corporate Social Responsibility.
Variabel independen dalam penelitian ini adalah Profitabilitas dan Tata Kelola Perusahaan. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah Nilai Perusahaan, sedangkan variabel Intervening adalah pengungkapan CSR. Sesuai dengan Teori Signaling dan Stakeholder, Tata Kelola Perusahaan lalu Profitabilitas serta pengungkapan CSR memiliki pengaruh positif terhadap Nilai Perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan Sektor Barang Konsumsi Primer yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2019 – 2021 serta menggunakan t-1 pada salah satu variabel yang tersedia. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel pada penelitian ini adalah metode Purposive Sampling dengan
menggunakan kriteria-kriteria yang sudah ditentukan sehingga menghasilkan 62 sampel perusahaan barang konsumsi primer untuk diteliti. Data dalam penelitian ini merupakan data sekunder berupa laporan tahunan perusahaan dan diperoleh melalui website perusahaan, IDX, dan informasi keuangan dari lab terminal Bloomberg. Penelitian ini menggunakan metode analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedasitas, dan uji autokorelasi serta uji hipotesis yang terdiri dari uji analisis jalur (Path Analysis), Uji Koefisien Determinasi, Uji Statistik T, serta Uji Statistik F. Hasil uji statistik pada penelitian ini menunjukkan bahwa Pengungkapan Corporate Social Responsibility berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan dan Profitabilitas berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan. Namun, Tata Kelola Perusahaan tidak berpengaruh terhadap Pengungkapan Corporate Social
Responsibility, Profitabilitas tidak berpengaruh terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility, Tata Kelola Perusahaan tidak berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan, , Tata Kelola Perusahaan tidak berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan melalui Pengungkapan Corporate Social Responsibility, serta Profitabilitas tidak berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan melalui Pengungkapan Corporate Social Responsibility
Keywords : | Disclosure of Corporate Social Responsibility, Company Value, Corporate Governance, and Profitability, Pengungkapan Corporate Social Responsibility, Nilai Perusahaan, Tata Kelola Perusahaan, dan Profitabilitas |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Akuntansi |
Depositing User: | Hanif Patria |
Date Deposited: | 26 Sep 2022 07:23 |
Last Modified: | 26 Sep 2022 07:23 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11582 |