HOW’S WORK-LIFE BALANCE FOR DUAL-CAREER COUPLES DUE TO WORKING FROM HOME DURING COVID-19 PANDEMIC

RAVALENT, Ariande Ananda and PERDHANA, Mirwan Surya,(9 February 2023), HOW’S WORK-LIFE BALANCE FOR DUAL-CAREER COUPLES DUE TO WORKING FROM HOME DURING COVID-19 PANDEMIC. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (279kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (6kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (5kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (55kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (161kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji keseimbangan kehidupan kerja bagi para pasangan karir ganda yang bekerja dari rumah selama pandemi COVID-19. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui tantangan apa saja yang dihadapi dan manfaat apa saja yang diterima oleh pasangan karir ganda dengan latar belakang memiliki anak kecil di bawah 10 tahun saat bekerja dari rumah. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan metode kualitatif wawancara mendalam. Pengumpulan dan analisis data kualitatif digunakan untuk mengidentifikasi bagaimana keseimbangan kehidupan kerja para pasangan karir ganda dan apa saja tantangan dan manfaat bekerja dari rumah bagi mereka. Narasumber dalam penelitian ini adalah 10 orang atau 5 pasang pasangan karir ganda yang sama-sama bekerja dari rumah selama pandemi COVID-19. Meski berpasangan, mereka masing-masing diberikan waktu wawancara sendiri atau terpisah dan diberikan pertanyaan yang sama. Pertanyaan wawancara adalah pertanyaan yang akan membahas bagaimana masalah dalam penelitian ini dirumuskan. Hasil penelitian ini menemukan bahwa bekerja dari rumah berdampak negatif terhadap keseimbangan kehidupan kerja bagi para istri. Bekerja dari rumah dirasa lebih menantang bagi para istri dibandingan bagi para suami. Sementara itu, para suami lebih merasakan manfaat bekerja dari rumah dibandingkan para istri.
Keywords : work-life balance, work from home, dual-career couples, COVID-19 pandemic., keseimbangan kehidupan kerja, bekerja dari rumah, pasangan karir ganda, pandemi COVID-19.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Ariande Ananda Ravalent
Date Deposited: 20 Feb 2023 07:30
Last Modified: 20 Feb 2023 07:30
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12250

Actions (login required)

View Item
View Item