ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI MINAT PEMANFAATAN DAN PENGGUNAAN APLIKASI MOKA POS (POINT OF SALE) BERBASIS CLOUD PADA UMKM DI KOTA SEMARANG DENGAN MENGGUNAKAN MODEL UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY (UTAUT)

ILMA, Rahminawati and MUID, Dul,(21 August 2023), ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI MINAT PEMANFAATAN DAN PENGGUNAAN APLIKASI MOKA POS (POINT OF SALE) BERBASIS CLOUD PADA UMKM DI KOTA SEMARANG DENGAN MENGGUNAKAN MODEL UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY (UTAUT). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (29kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (6kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (7kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (89kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (143kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor apa saja yang berpengaruh terhadap minat pemanfaatan dan perilaku penggunaan dalam menggunakan aplikasi Moka Point of Sale (POS) pada UMKM di Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan variabel ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, faktor sosial dan kondisi yang memfasilitasi menggunakan model Unified Theory of Acceptance and Use (UTAUT) oleh Venkatesh et al (2003). Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner yang dibagikan kepada pemilik UMKM di Kota Semarang yang menggunakan Moka POS dalam menjalankan bisnisnya. Dengan menggunakan teknik purposive sampling dalam pemilihan sampel, maka diperoleh sebanyak 100 sampel penelitian. Teknik analisis data menggunakan metode analisis Partial Least Square - Structural Equation Model (PLS-SEM) dengan menggunakan software SmartPLS 3.3.3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel ekspektasi kinerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat pemanfaatan, dan minat pemanfaatan juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku penggunaan aplikasi Moka POS. Sedangkan variabel ekspektasi usaha dan faktor sosial tidak berpengaruh terhadap minat pemanfaatan aplikasi Moka POS. Variabel kondisi yang memfasilitasi juga tidak berpengaruh terhadap perilaku penggunaan aplikasi Moka POS. Hasil riset ini memberikan kontribusi teoritis dan praktis untuk akuntansi perilaku.
Keywords : MSME, Moka Point of Sales (POS) and Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT), UMKM, Moka Point of Sales (POS) dan Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT)
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Rahminawati Ilma
Date Deposited: 15 Sep 2023 08:42
Last Modified: 15 Sep 2023 08:42
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13363

Actions (login required)

View Item
View Item