RAMADHANI, Jilan Thahani and FITRIA, Shoimatul,(17 November 2023), ANALISIS PENGARUH ENTREPRENEURIAL MARKETING DIMENSIONS TERHADAP KINERJA UNIT USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) SEKTOR FOOD & BEVERAGE (F&B) HALAL (Studi pada UMKM Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (74kB)
Download (74kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (63kB)
Download (63kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (63kB)
Download (63kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (80kB)
Download (80kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (220kB)
Download (220kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (5MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (5MB) | Request a copy
Abstract
Usaha Mikro, Kecil dan Menengah memiliki peranan yang sangat penting
dalam perekonomian suatu negara karena mereka berperan dalam menciptakan
lapangan kerja, mendukung pertumbuhan ekonomi, dan berkontribusi pada
perkembangan komunitas lokal. Banyak negara dan organisasi mendorong
pengembangan UMKM karena mereka dapat membantu mengurangi
pengangguran, meningkatkan pendapatan keluarga, dan mendukung pertumbuhan
ekonomi lokal.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh inovasi, proaktif,
fokus peluang, pengambilan risiko, intensitas pelanggan, pemanfaatan sumber
daya dan penciptaan nilai terhadap kinerja UMKM sektor Food & Beverage Halal
Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan
responden sebesar 81 orang sebagai pelaku usaha UMKM yang bergerak di sektor
F&B atau kuliner yang berada di Kota Semarang dan sudah memiliki sertifikat
halal MUI. Adapun alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier
berganda dengan SPSS versi 27 dan teknik pengukuran Skala Likert.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial inovasi memiliki
pengaruh negative dan signifikan terhadap pkinerja UMKM, proaktif berpengaruh
positif dan signifikan terhadap kinerja UMKM, fokus peluang berpengaruh positif
dan signifikan terhadap kinerja UMKM, pengambilan risiko berpengaruh negatif
dan signifikan terhadap kinerja UMKM, intensitas pelanggan berpengaruh positif
dan signifikan terhadap kinerja UMKM, pemanfaatan sumber daya berpengaruh
positif dan signifikan terhadap kinerja UMKM,penciptaan nilai berpengaruh
positif dan signifikan terhadap kinerja UMKM. Secara simultan inovasi, proaktif,
fokus peluang, pengambilan risiko, intensitas pelanggan, pemanfaatan sumber
daya, penciptaan nilai memberi pengaruh terhadap kinerja UMKM sektor kuliner
halal Kota Semarang secara ppositif dan signifikan dengan nilai koefisien
determinasi (R2
) sebesar 0,682.
Keywords : | Keywords: MSMEs, Innovation, Proactivity, Opportunity Focus, Risk Taking, Customer Intensity, Resource Utilization, Value Creation, Kata Kunci : UMKM, Inovasi, Proaktif, Fokus Peluang, Pengambilan Risiko, Intensitas Pelanggan, Pemanfaatan Sumber Daya, Penciptaan Nilai |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Ekonomi Islam |
Depositing User: | Jilan Thahani Ramadhani |
Date Deposited: | 21 Dec 2023 08:19 |
Last Modified: | 21 Dec 2023 08:30 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13663 |