ANALISIS PENGARUH ENTREPRENEURIAL MARKETING DIMENSIONS TERHADAP KINERJA UNIT USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) SEKTOR FOOD & BEVERAGE (F&B) HALAL (Studi pada UMKM Kota Semarang)

RAMADHANI, Jilan Thahani and FITRIA, Shoimatul,(17 November 2023), ANALISIS PENGARUH ENTREPRENEURIAL MARKETING DIMENSIONS TERHADAP KINERJA UNIT USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) SEKTOR FOOD & BEVERAGE (F&B) HALAL (Studi pada UMKM Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (74kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (63kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (63kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (80kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (220kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah memiliki peranan yang sangat penting dalam perekonomian suatu negara karena mereka berperan dalam menciptakan lapangan kerja, mendukung pertumbuhan ekonomi, dan berkontribusi pada perkembangan komunitas lokal. Banyak negara dan organisasi mendorong pengembangan UMKM karena mereka dapat membantu mengurangi pengangguran, meningkatkan pendapatan keluarga, dan mendukung pertumbuhan ekonomi lokal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh inovasi, proaktif, fokus peluang, pengambilan risiko, intensitas pelanggan, pemanfaatan sumber daya dan penciptaan nilai terhadap kinerja UMKM sektor Food & Beverage Halal Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan responden sebesar 81 orang sebagai pelaku usaha UMKM yang bergerak di sektor F&B atau kuliner yang berada di Kota Semarang dan sudah memiliki sertifikat halal MUI. Adapun alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan SPSS versi 27 dan teknik pengukuran Skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial inovasi memiliki pengaruh negative dan signifikan terhadap pkinerja UMKM, proaktif berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja UMKM, fokus peluang berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja UMKM, pengambilan risiko berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja UMKM, intensitas pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja UMKM, pemanfaatan sumber daya berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja UMKM,penciptaan nilai berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja UMKM. Secara simultan inovasi, proaktif, fokus peluang, pengambilan risiko, intensitas pelanggan, pemanfaatan sumber daya, penciptaan nilai memberi pengaruh terhadap kinerja UMKM sektor kuliner halal Kota Semarang secara ppositif dan signifikan dengan nilai koefisien determinasi (R2 ) sebesar 0,682.
Keywords : Keywords: MSMEs, Innovation, Proactivity, Opportunity Focus, Risk Taking, Customer Intensity, Resource Utilization, Value Creation, Kata Kunci : UMKM, Inovasi, Proaktif, Fokus Peluang, Pengambilan Risiko, Intensitas Pelanggan, Pemanfaatan Sumber Daya, Penciptaan Nilai
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Depositing User: Jilan Thahani Ramadhani
Date Deposited: 21 Dec 2023 08:19
Last Modified: 21 Dec 2023 08:30
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13663

Actions (login required)

View Item
View Item