THE DEPARTMENT OF ECONOMICS GRADUATE JOB SEARCH: A SUPPLY-SIDE ANALYSIS

ANINDYAMURTI, Rahajeng Hapsari and KURNIA, Akhmad Syakir,(25 March 2024), THE DEPARTMENT OF ECONOMICS GRADUATE JOB SEARCH: A SUPPLY-SIDE ANALYSIS. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (228kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (201kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (202kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (362kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (328kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis variable tingkat upah, IPK, pengalaman kerja, jenis kelamin, status perkawinan, dan status ekonomi orang tua dari para lulusan S1 Prodi Ilmu Ekonomi periode wisuda 2020-2022 terhadap durasi lama mencari kerja lulusan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan data primer, yakni berupa kuesioner melalui bantuan media jasa internet, yakni google form. Metode analisi data yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan metode OLS (Ordinary Least Square). Pengujian secara parsial digunakan uji t-statistik dan pengujian secara serempak digunakan uji F-statistik. Seluruh pengujian menggunakan alat bantu berupa program EViews 10. Pada penelitian ini terdapat tiga model yang menggunakan multiple linear regression. Hasil dari penelitian ini terdapat perbedaan yang signifikan. Variabel tingkat upah memiliki pengaruh negative dan tidak signifikan terhadap durasi lama mencari kerja. Variabel IPK dan pengalaman kerja memiliki pengaruh negative dan signifikan terhadap durasi lama mencari kerja. Variabel jenis kelamin dan status perkawinan memiliki pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap durasi lama mencari kerja. Variabel status ekonomi orang tua memiliki pengaruh positif dan signfikan terhadap durasi lama mencari kerja.
Keywords : unemployment, duration of graduation job search, wage rate, GPA, work experience, sex, marital status, and parents' economic status., pengangguran, durasi lama mencari kerja lulusan, tingkat upah, IPK, pengalaman kerja, jenis kelamin, status perkawinan, status ekonomi orang tua.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Pembangunan
Depositing User: Rahajeng Ninit Hapsari
Date Deposited: 28 Mar 2024 08:26
Last Modified: 01 Apr 2024 06:47
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14068

Actions (login required)

View Item
View Item