STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK KOTA MAGELANG BERBASIS SMART CITY

YULIANI, Lisa Anjas Marfi and WOYANTI, Nenik,(28 May 2024), STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK KOTA MAGELANG BERBASIS SMART CITY. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (24kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (145kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (146kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (177kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (370kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Smart city Kota Magelang bertujuan memberikan pelayanan untuk masyarakat secara efektif dan efisien. Namun, dalam pelaksanaannya mengalami permasalahan terkait pelayanan publik dan partisipasi masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui solusi, inovasi pemerintah Kota Magelang dalam pelayanan publik, dan E-partisipasi masyarakat. Penelitian ini menerapkan pendekatan analisis deskriptif. Data primer diperoleh dari pakar yang berkompeten dari Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik. Data sekunder didapat dari DataGo dan Badan Pusat Statistik (BPS). Hasil dari penelitian menunjukkan inovasi Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Kota Magelang menciptakan aplikasi Magelang Cerdas yang dapat memudahkan masyarakat dalam memberikan pelayanan publik serta pelayanan free wifi. Solusi permasalahan adalah melakukan sosialisasi kepada masyarakat dalam pelayanan publik berbasis smart city dan menjadikan masyarakat yang melek teknologi. Rekomendasi strategi adalah memperkuat kerjasama antar OPD, mendorong masyarakat berpartisipasi dalam kebijakan pelayanan publik berbasis smart city, mengoptimalkan respon aspirasi masyarakat dan memperluas sosialisasi terhadap kebijakan dengan cara penyeberan secara media sosial, media elektronik dan sosialisasi secara langsung.
Keywords : Smart City, Public, Technology, Government agencies, Smart City, Masyarakat, Teknologi, Instansi Pemerintah
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Pembangunan
Depositing User: lisa anjas
Date Deposited: 07 Jun 2024 08:45
Last Modified: 07 Jun 2024 08:47
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14235

Actions (login required)

View Item
View Item