AUDITA, Laras and MEIRANTO, Wahyu,(13 June 2024), ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI NIAT PERILAKU PENGGUNA E-WALLET PADA GENERASI Z DI KOTA SEMARANG MENGGUNAKAN KERANGKA UTAUT 2. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (27kB)
Download (27kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (7kB)
Download (7kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (7kB)
Download (7kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (93kB)
Download (93kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (156kB)
Download (156kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis berbagai faktor
yang memengaruhi niat perilaku pengguna e-wallet di Kota Semarang. Penelitian
ini menggunakan kerangka Unified Theory of Acceptance and Use of Technology
(UTAUT) 2 yang diperkenalkan oleh Venkatesh et al. (2012). Terdapat delapan
faktor yang membentuk kerangka UTAUT 2, yaitu ekspektasi kinerja, ekspektasi
usaha, pengaruh sosial, kondisi yang memfasilitasi, kebiasaan, nilai harga,
motivasi hedonis, dan niat perilaku pengguna teknologi, dalam hal ini e-wallet.
Populasi penelitian ini mencakup seluruh pengguna aktif e-wallet di
Indonesia dengan sampel penelitian berupa 310 masyarakat di Kota Semarang
yang termasuk dalam Generasi Z. Pengumpulan data dilakukan melalui survei
secara online menggunakan media sosial. Sebanyak 31 item pertanyaan dianalisis
menggunakan metode PLS-SEM dengan bantuan software SmartPLS 3.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa empat hipotesis dalam penelitian ini
diterima. Pengaruh sosial, kebiasaan, nilai harga, dan motivasi hedonis
berpengaruh positif signifikan terhadap niat perilaku pengguna e-wallet. Namun,
ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, dan kondisi yang memfasilitasi tidak
berpengaruh terhadap niat perilaku pengguna e-wallet. Selain itu diketahui bahwa
motivasi hedonis adalah faktor yang memiliki pengaruh paling kuat dibandingkan
faktor-faktor UTAUT 2 lainnya dalam meningkatkan niat perilaku untuk
mengadopsi e-wallet
Keywords : | UTAUT 2, behavioral intention, performance expectancy, effort expectancy, social influence, facilitating conditions, habit, price value, hedonic motivation, e-wallet., UTAUT 2, niat perilaku pengguna, ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, pengaruh sosial, kondisi yang memfasilitasi, kebiasaan, nilai harga, motivasi hedonis, e-wallet. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Akuntansi |
Depositing User: | Laras Audita |
Date Deposited: | 24 Jun 2024 06:33 |
Last Modified: | 24 Jun 2024 06:33 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14399 |