ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI NIAT PERILAKU PENGGUNA E-WALLET PADA GENERASI Z DI KOTA SEMARANG MENGGUNAKAN KERANGKA UTAUT 2

AUDITA, Laras and MEIRANTO, Wahyu,(13 June 2024), ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI NIAT PERILAKU PENGGUNA E-WALLET PADA GENERASI Z DI KOTA SEMARANG MENGGUNAKAN KERANGKA UTAUT 2. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (27kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (7kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (7kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (93kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (156kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis berbagai faktor yang memengaruhi niat perilaku pengguna e-wallet di Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan kerangka Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) 2 yang diperkenalkan oleh Venkatesh et al. (2012). Terdapat delapan faktor yang membentuk kerangka UTAUT 2, yaitu ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, pengaruh sosial, kondisi yang memfasilitasi, kebiasaan, nilai harga, motivasi hedonis, dan niat perilaku pengguna teknologi, dalam hal ini e-wallet. Populasi penelitian ini mencakup seluruh pengguna aktif e-wallet di Indonesia dengan sampel penelitian berupa 310 masyarakat di Kota Semarang yang termasuk dalam Generasi Z. Pengumpulan data dilakukan melalui survei secara online menggunakan media sosial. Sebanyak 31 item pertanyaan dianalisis menggunakan metode PLS-SEM dengan bantuan software SmartPLS 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa empat hipotesis dalam penelitian ini diterima. Pengaruh sosial, kebiasaan, nilai harga, dan motivasi hedonis berpengaruh positif signifikan terhadap niat perilaku pengguna e-wallet. Namun, ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, dan kondisi yang memfasilitasi tidak berpengaruh terhadap niat perilaku pengguna e-wallet. Selain itu diketahui bahwa motivasi hedonis adalah faktor yang memiliki pengaruh paling kuat dibandingkan faktor-faktor UTAUT 2 lainnya dalam meningkatkan niat perilaku untuk mengadopsi e-wallet
Keywords : UTAUT 2, behavioral intention, performance expectancy, effort expectancy, social influence, facilitating conditions, habit, price value, hedonic motivation, e-wallet., UTAUT 2, niat perilaku pengguna, ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, pengaruh sosial, kondisi yang memfasilitasi, kebiasaan, nilai harga, motivasi hedonis, e-wallet.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Laras Audita
Date Deposited: 24 Jun 2024 06:33
Last Modified: 24 Jun 2024 06:33
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14399

Actions (login required)

View Item
View Item