PENGARUH KAPABILITAS PEMASARAN ADAPTIF, INOVASI TERBUKA, TERHADAPKINERJA PEMASARAN DENGAN KEUNGGULAN KOMPETITIF, DAN FLEKSIBILITAS STRATEGI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada UMKM di Kota Semarang)

DEWI, Fara Aulia Rahma and SANTOSA, Suryono Budi,(18 July 2024), PENGARUH KAPABILITAS PEMASARAN ADAPTIF, INOVASI TERBUKA, TERHADAPKINERJA PEMASARAN DENGAN KEUNGGULAN KOMPETITIF, DAN FLEKSIBILITAS STRATEGI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada UMKM di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Indonesia mempunyai potensi basis ekonomi nasional yang kuat karena jumlah UMKM terutama usaha mikro yang sangat banyak dan daya serap tenaga kerja sangat besar. Usaha mikro juga mempunyai perputaran transaksi yang cepat, menggunakan produksi domestik dan bersentuhan dengan kebutuhan primer masyarakat. Peranan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) tidak dapat dipisahkan dari upaya para Stakeholder terkait untuk mewujudkan pertumbuhan sekaligus mengangkat kesejahteraan para pelaku UMKM. Penelitian ini bertujuan untuk dapat memberikan pemahaman yang lebih komprehensif mengenai faktor- faktor yang mempengaruhi kinerja pemasaran UMKM di Kota Semarang serta mengeksplorasi peran variabel intervening dalam hubungan antara kapabilitas pemasaran adaptif, inovasi terbuka, keunggulan kompetitif, fleksibilitas strategi, dan kinerja pemasaran. Penelitian ini menunggunakan metode pengambilan sampel non probability dengan menggunakan purposive sampling. Metode purposive sampling ini dilakukan dengan mendistribusikan kuesioner secara daring dan langsung kepada pemilik usaha UMKM di Kota Semarang. sampel yang digunakan adalah 210 responden. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Structural Equation Model (SEM). Penelitian ini menggunakan SMARTPLS 3.0 sebagai tools untuk mengukur hubungan antar variabel dengan metode analisis SEM. Hasil pengujian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan kapabilitas pemasaran adaptif terhadap kinerja pemasaran, keunggulan kompetitif terhadap kinerja pemasaran, fleksibilitas strategi terhadap kinerja pemasaran, kapabilitas pemasaran adaptif terhadap fleksibilitas strategi, keunggulan kompetitif terhadap fleksibilitas strategi, namun tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara Inovasi Terbuka terhadap Kinerja Pemasaran.
Keywords : Adaptive Marketing Capability, Open Innovation, Marketing Performance, Competitive Advantage, Strategy Flexibility, Kapabilitas Pemasaran Adaptif, Inovasi Terbuka, Kinerja Pemasaran, Keunggulan Kompetitif, Fleksibilitas Strategi
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Fara Aulia Rahma Dewi
Date Deposited: 24 Jul 2024 06:47
Last Modified: 24 Jul 2024 06:47
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14805

Actions (login required)

View Item
View Item