DEWI, Fara Aulia Rahma and SANTOSA, Suryono Budi,(18 July 2024), PENGARUH KAPABILITAS PEMASARAN ADAPTIF, INOVASI TERBUKA, TERHADAPKINERJA PEMASARAN DENGAN KEUNGGULAN KOMPETITIF, DAN FLEKSIBILITAS STRATEGI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada UMKM di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Indonesia mempunyai potensi basis ekonomi nasional yang kuat karena
jumlah UMKM terutama usaha mikro yang sangat banyak dan daya serap tenaga
kerja sangat besar. Usaha mikro juga mempunyai perputaran transaksi yang cepat,
menggunakan produksi domestik dan bersentuhan dengan kebutuhan primer
masyarakat. Peranan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) tidak dapat
dipisahkan dari upaya para Stakeholder terkait untuk mewujudkan pertumbuhan
sekaligus mengangkat kesejahteraan para pelaku UMKM. Penelitian ini bertujuan
untuk dapat memberikan pemahaman yang lebih komprehensif mengenai faktor-
faktor yang mempengaruhi kinerja pemasaran UMKM di Kota Semarang serta
mengeksplorasi peran variabel intervening dalam hubungan antara kapabilitas
pemasaran adaptif, inovasi terbuka, keunggulan kompetitif, fleksibilitas strategi,
dan kinerja pemasaran.
Penelitian ini menunggunakan metode pengambilan sampel non probability
dengan menggunakan purposive sampling. Metode purposive sampling ini
dilakukan dengan mendistribusikan kuesioner secara daring dan langsung kepada
pemilik usaha UMKM di Kota Semarang. sampel yang digunakan adalah 210
responden. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
Structural Equation Model (SEM). Penelitian ini menggunakan SMARTPLS 3.0
sebagai tools untuk mengukur hubungan antar variabel dengan metode analisis
SEM.
Hasil pengujian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan
signifikan kapabilitas pemasaran adaptif terhadap kinerja pemasaran, keunggulan
kompetitif terhadap kinerja pemasaran, fleksibilitas strategi terhadap kinerja
pemasaran, kapabilitas pemasaran adaptif terhadap fleksibilitas strategi,
keunggulan kompetitif terhadap fleksibilitas strategi, namun tidak terdapat
pengaruh yang signifikan antara Inovasi Terbuka terhadap Kinerja Pemasaran.
Keywords : | Adaptive Marketing Capability, Open Innovation, Marketing Performance, Competitive Advantage, Strategy Flexibility, Kapabilitas Pemasaran Adaptif, Inovasi Terbuka, Kinerja Pemasaran, Keunggulan Kompetitif, Fleksibilitas Strategi |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Fara Aulia Rahma Dewi |
Date Deposited: | 24 Jul 2024 06:47 |
Last Modified: | 24 Jul 2024 06:47 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14805 |