ANALISIS DAYA SAING DAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EKSPOR SARANG BURUNG WALET INDONESIA KE NEGARA TUJUAN (PERIODE 2015-2021)

NURROCHMAH, Amelia and SANTOSA, Purbayu Budi,(11 July 2024), ANALISIS DAYA SAING DAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EKSPOR SARANG BURUNG WALET INDONESIA KE NEGARA TUJUAN (PERIODE 2015-2021). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (36kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (6kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (107kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (158kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (252kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perdagangan internasional merupakan peranan penting bagi perekonomian terbuka suatu negara. Salah satu komoditas di Indonesia yang memiliki potensi besar dalam perdagangan internasional adalah sarang burung walet dengan kode eskpor (HS 041000). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui daya saing dan faktor – faktor yang mempengaruhi volume ekspor sarang burung walet. Penelitian ini menggunakan metode indeks Revealed Comparative Advantage (RCA) dan analisis regresi data panel dengan Random Effect Model (REM). Jumlah observasi yang terdiri dari data time series tahun 2015 hingga 2021 dan data cross section menggunakan sepuluh negara tujuan. Hasil penelitian menunjukan analisis RCA delapan negara yang berdaya saing kuat antara lain Hongkong, China, Singapura, Amerika, Vietnam, Kanada, Malaysia, dan Australia yang ditunjukkan oleh nilai RCA di atas angka 1. Sedangkan negara Thailand dan Jepang memiliki daya saing yang lemah dibawah angka 1. Kemudian hasil analisis data panel menunjukan bahwa hanya variabel IHK dan RCA yang memiliki pengaruh signifikan terhadap volume ekspor sarang burung walet. Sedangkan variabel populasi dan PDB memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap volume ekspor sarang burung walet.
Keywords : Swallow Nest, RCA, Panel Data Analysis, Sarang Burung Walet, RCA, Analisis Data Panel
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Pembangunan
Depositing User: Amelia Nurrochmah
Date Deposited: 02 Aug 2024 02:12
Last Modified: 02 Aug 2024 02:13
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14852

Actions (login required)

View Item
View Item