SHELINA, Putri Anugerah and MAWARDI, Wisnu,(6 December 2024), PENGARUH STRATEGI INOVASI DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING UNTUK MENINGKATAN KINERJA BISNIS (Studi pada UKM Laundry di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (108kB)
Download (108kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (53kB)
Download (53kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (68kB)
Download (68kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (115kB)
Download (115kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (130kB)
Download (130kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh strategi inovasi, orientasi
pasar, dan keunggulan bersaing terhadap kinerja bisnis usaha laundry di Kota
Semarang. Fokus utama penelitian ini adalah bagaimana peningkatan kinerja dapat
dicapai melalui strategi inovasi dan orientasi pasar, baik secara langsung maupun
melalui peran variabel intervening berupa keunggulan bersaing. Penelitian ini
melibatkan populasi pemilik atau manajer UKM laundry di Kota Semarang yang
telah beroperasi minimal enam bulan dan memiliki lebih dari tiga karyawan. Teknik
sampling nonprobabilitas dengan metode purposive sampling digunakan untuk
menentukan sampel. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang dibagikan kepada
responden. Sebanyak 200 data kuesioner dianalisis menggunakan Structural
Equation Model (SEM) dengan AMOS. Dari pengujian hipotesis penelitian ini,
didapatkan beberapa kesimpulan. Yang pertama terdapat pengaruh positif
signifikan antara keunggulan bersaing terhadap kinerja bisnis laundry, yang kedua
terdapat pengaruh positif yang signifikan antara variabel strategi inovasi terhadap
kinerja bisnis laundry, ketiga yaitu strategi inovasi berpengaruh positif terhadap
keunggulan bersaing, keempat terdapat pengaruh positif antara orientasi pasar
terhadap keunggulan bersaing, dan yang kelima yaitu orientasi pasar tidak
berpengaruh terhadap kinerja bisnis laundry.
Keywords : | Innovation Strategy, Market Orientation, Competitive Advantage, Business Performance, Strategi Inovasi, Orientasi Pasar, Keunggulan Bersaing, Kinerja Bisnis |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Putri Anugerah Shelina |
Date Deposited: | 12 Dec 2024 09:55 |
Last Modified: | 12 Dec 2024 09:55 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/15460 |