PENGARUH STRATEGI INOVASI DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING UNTUK MENINGKATAN KINERJA BISNIS (Studi pada UKM Laundry di Kota Semarang)

SHELINA, Putri Anugerah and MAWARDI, Wisnu,(6 December 2024), PENGARUH STRATEGI INOVASI DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING UNTUK MENINGKATAN KINERJA BISNIS (Studi pada UKM Laundry di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (108kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (53kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (68kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (115kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (130kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh strategi inovasi, orientasi pasar, dan keunggulan bersaing terhadap kinerja bisnis usaha laundry di Kota Semarang. Fokus utama penelitian ini adalah bagaimana peningkatan kinerja dapat dicapai melalui strategi inovasi dan orientasi pasar, baik secara langsung maupun melalui peran variabel intervening berupa keunggulan bersaing. Penelitian ini melibatkan populasi pemilik atau manajer UKM laundry di Kota Semarang yang telah beroperasi minimal enam bulan dan memiliki lebih dari tiga karyawan. Teknik sampling nonprobabilitas dengan metode purposive sampling digunakan untuk menentukan sampel. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang dibagikan kepada responden. Sebanyak 200 data kuesioner dianalisis menggunakan Structural Equation Model (SEM) dengan AMOS. Dari pengujian hipotesis penelitian ini, didapatkan beberapa kesimpulan. Yang pertama terdapat pengaruh positif signifikan antara keunggulan bersaing terhadap kinerja bisnis laundry, yang kedua terdapat pengaruh positif yang signifikan antara variabel strategi inovasi terhadap kinerja bisnis laundry, ketiga yaitu strategi inovasi berpengaruh positif terhadap keunggulan bersaing, keempat terdapat pengaruh positif antara orientasi pasar terhadap keunggulan bersaing, dan yang kelima yaitu orientasi pasar tidak berpengaruh terhadap kinerja bisnis laundry.
Keywords : Innovation Strategy, Market Orientation, Competitive Advantage, Business Performance, Strategi Inovasi, Orientasi Pasar, Keunggulan Bersaing, Kinerja Bisnis
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Putri Anugerah Shelina
Date Deposited: 12 Dec 2024 09:55
Last Modified: 12 Dec 2024 09:55
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/15460

Actions (login required)

View Item
View Item