PENGARUH KEPEMILIKAN ASING, BONUS, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP TRANSFER PRICING DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI PEMODERASI (Studi pada perusahaan manufaktur terdaftar di BEI)

ISDIPUTRA, Feisal and PANGESTUTI, Irene Rini Demi,(20 December 2024), PENGARUH KEPEMILIKAN ASING, BONUS, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP TRANSFER PRICING DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI PEMODERASI (Studi pada perusahaan manufaktur terdaftar di BEI). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (23kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (8kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (55kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (30kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (86kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mempelajari bagaimana keputusan perusahaan untuk melakukan praktik transfer pricing, melalui profitabilitas sebagai pemoderasi, dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti kepemilikan asing, bonus, dan ukuran perusahaan. Selama periode 2019–2023, subjek penelitian terdiri dari 185 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif, pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling dan penghitungan hasil menggunakan metode analisis regresi logistik untuk menunjukkan hubungan antara variabel yang diteliti. Bonus memiliki pengaruh negatif dan tidak signifikan kepada transfer pricing, Kepemilikan asing menunjukkan pengaruh negatif dan tidak signifikan kepada transfer pricing, Ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap transfer pricing, Profitabilitas berpengaruh negatif dan signifikan terhadap transfer pricing, Profitabilitas tidak memoderasi pengaruh bonus terhadap transfer pricing, Profitabilitas memoderasi hubungan antara ukuran perusahaan dan transfer pricing.
Keywords : Transfer pricing, bonuses, foreign ownership, company size, profitability, Tujuan penelitian adalah untuk mempelajari bagaimana keputusan perusahaan untuk melakukan praktik transfer pricing, melalui profitabilitas sebagai pemoderasi, dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti kepemilikan asing, bonus, dan ukuran perusahaan. Selama periode 2019–2023, subjek penelitian terdiri dari 185 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif, pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling dan penghitungan hasil menggunakan metode analisis regresi logistik untuk menunjukkan hubungan antara variabel yang diteliti. Bonus memiliki pengaruh negatif dan tidak signifikan kepada transfer pricing, Kepemilikan asing menunjukkan pengaruh negatif dan tidak signifikan kepada transfer pricing, Ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap transfer pricing, Profitabilitas berpengaruh negatif dan signifikan terhadap transfer pricing, Profitabilitas tidak memoderasi pengaruh bonus terhadap transfer pricing, Profitabilitas memoderasi hubungan antara ukuran perusahaan dan transfer pricing.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Feisal Isdiputra
Date Deposited: 24 Dec 2024 04:47
Last Modified: 24 Dec 2024 04:47
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/15533

Actions (login required)

View Item
View Item