ANALISIS PENGARUH KAPABILITAS PENGINDERAAN PASAR, INOVASI PRODUK, DAN JEJARING PEMASARAN TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING PADA KINERJA PEMASARAN EKSPOR (Studi Kasus pada Eksportir Mebel dari Kayu di Kabupaten Jepara Jawa Tengah)

FAUZI, Devita Ekky and WIDIYANTO, Ibnu,(21 May 2015), ANALISIS PENGARUH KAPABILITAS PENGINDERAAN PASAR, INOVASI PRODUK, DAN JEJARING PEMASARAN TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING PADA KINERJA PEMASARAN EKSPOR (Studi Kasus pada Eksportir Mebel dari Kayu di Kabupaten Jepara Jawa Tengah). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16.S-Fulltext PDF Bookmarks-12010110141035.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (787kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada perusahaan eksportir mebel di Jepara yang melakukan ekspor ke berbagai negara di dunia. Sekarang ini banyak eksportir yang berlomba untuk memenuhi keinginan pasar dunia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan memberikan bukti empiris mengenai apakah kapabilitas penginderaan pasar, inovasi produk, dan jejaring pemasaran berpengaruh terhadap keunggulan bersaing pada kinerja pemasaran ekspor. Sampel penelitian ini adalah ekspotir mebel kota Jepara yang aktif melakukan ekspor mebel ke berbagai negara di dunia dengan menggunakan metode analisis kuantitatif, dengan menggunakan uji reabilitas dan uji validitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis, koefisien determinan serta analisis SEM dengan program AMOS 7.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kapabilitas penginderaan pasar dan inovasi produk berpengaruh positif terhadap keunggulan bersaing dankeunggulan bersaing berpengaruh positif terhadap jejaring pemasaran dan kinerja pemasaran ekspor dan kapabilitas penginderaan pasar, inovasi produk, keunggulan bersaing, jejaring pemasaran berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran ekspor. Pada model 1, kapabilitas penginderaan pasar memberikan pengaruh yang paling besar kepada keunggulan bersaing sebesar 0,412. Pada model 2, keunggulan bersaing memberikan pengaruh yang paling besar kepada kinerja pemasaran ekspor sebesar 0,263.
Keywords : Market Sensing Capability, Product Innovation, Network Marketing, Competitive Advantage and Export Marketing Performance, Kapabilitas Penginderaan Pasar, Inovasi Produk, Jejaring Pemasaran, Keunggulan Bersaing, dan Kinerja Pemasaran Ekspor.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Mohamad Sulamul Hadi
Date Deposited: 23 Jan 2020 09:12
Last Modified: 23 Jan 2020 09:12
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/1589

Actions (login required)

View Item
View Item