ANALISIS FAKTOR FAKTOR YANG MEMENGARUHI NIAT PERILAKU PENGGUNA E-WALLET PADA GENERASI Z DI KOTA MEDAN MENGGUNAKAN MODEL UTAUT 3

ABBAD, T Ahmad Sandi and MEIRANTO, Wahyu,(25 March 2025), ANALISIS FAKTOR FAKTOR YANG MEMENGARUHI NIAT PERILAKU PENGGUNA E-WALLET PADA GENERASI Z DI KOTA MEDAN MENGGUNAKAN MODEL UTAUT 3. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (237kB)
[thumbnail of Abstract (Inggris)] Text (Abstract (Inggris)) - Published Version
Download (228kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (228kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (253kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (258kB)
[thumbnail of Fulltext Bookmarks] Text (Fulltext Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi niat perilaku pengguna e-wallet pada Generasi Z di Kota Medan dengan menggunakan kerangka kerja Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) 3 yang diperkenalkan oleh Farooq et al. (2017). Kerangka ini terdiri dari delapan variabel utama, yaitu ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, pengaruh sosial, kondisi yang memfasilitasi, kebiasaan, nilai harga, motivasi hedonis, dan inovasi personal, serta dua faktor tambahan, yaitu niat perilaku dan perilaku penggunaan teknologi, dalam konteks e-wallet. Penelitian ini melibatkan populasi pengguna e-wallet aktif di Indonesia dengan sampel sebanyak 355 Generasi Z di Kota Medan. Pengumpulan data dilakukan melalui survei online yang disebarkan via media sosial. Sebanyak 35 item pertanyaan dianalisis menggunakan metode PLS-SEM dengan bantuan perangkat lunak SmartPLS 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa enam hipotesis diterima, di mana kondisi yang memfasilitasi, pengaruh sosial, nilai harga, kebiasaan, dan inovasi personal berpengaruh positif signifikan terhadap niat perilaku pengguna e-wallet. Selain itu, niat perilaku juga terbukti memiliki pengaruh positif signifikan terhadap perilaku penggunaan e-wallet. Sebaliknya, ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, dan motivasi hedonis tidak berpengaruh terhadap niat perilaku. Kebiasaan dan niat perilaku menjadi determinan paling signifikan dengan p-value 0,000
Keywords : UTAUT3, Behavioral Intention, Use Behaviour, Performance Expectancy, Effort Expectancy, Social Influence, Facilitating Conditions, Habit, Price Value, Hedonic Motivation, Personal Innovativeness, E-wallet, UTAUT3, Niat Perilaku, Perilaku Penggunaan, Ekspektasi Kinerja, Ekspektasi Usaha, Pengaruh Sosial, Kondisi yang Memfasilitasi, Kebiasaan, Nilai Harga, Motivasi Hedonis, Inovasi Personal, E-wallet
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Tengku Ahmad Sandi Abbad
Date Deposited: 26 Mar 2025 07:07
Last Modified: 26 Mar 2025 07:07
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/16025

Actions (login required)

View Item
View Item