PENGARUH REPUTASI KAP, UKURAN PERUSAHAAN DAN EXTRAORDINARY ITEMS TERHADAP AUDIT REPORT LAG DAN DAMPAKNYA TERHADAP RESPON PASAR PADA SAHAM PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG BEREDAR (2017 -2018)

IBRAHIM, Fitra Rahmadi and ZULAIKHA, Zulaikha,(27 July 2019), PENGARUH REPUTASI KAP, UKURAN PERUSAHAAN DAN EXTRAORDINARY ITEMS TERHADAP AUDIT REPORT LAG DAN DAMPAKNYA TERHADAP RESPON PASAR PADA SAHAM PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG BEREDAR (2017 -2018). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16.S-Fulltext PDF Bookmarks-12030115140214.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh reputasi KAP, ukuran perusahaan dan pengungkapan extraordinary items terhadap audit report lag dan pengaruhnya pada respon pasar pada saham beredar milik perusahaan manufaktur di Indonesia. Ukuran perusahaan diukur dari jumlah aset perusahaan yang disederhanakan dengan logaritma natural. Reputasi KAP diproksikan dengan menggunakan variabel dummy. Extraordinary items sebagai variabel independen diproksikan dengan menggunakan variabel dummy. Audit report lag sebagai variabel mediasi diukur dengan menghitung langsung jumlah hari dari akhir tahun fiskal sampai dengan laporan audit diterbitkan. Respon pasar terhadap saham beredar diukur dengan membandingkan rata – rata harga penutupan (closing price) saham perusahaan di bulan – bulan di tahun 2018 sebelum laporan audit diterbitkan dengan harga penutupan saham pada tiga bulan setelah laporan audit diterbitkan. Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2017 – 2018. Metode pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda dan regresi logistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa reputasi KAP tidak berpengaruh terhadap audit report lag, sedangkan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap audit report lag dalam arah positif, yakni bahwa semakin besar perusahaan maka semakin lama atau banyak hari yang dibutuhkan dalam menyelesaikan auditnya. Pengaruh Extraordinary items tidak dapat dibuktikan dalam penelitian ini karena baik sampel ataupun populasi dalam periode 2017 tidak ada yang mengalami extraordinary events. Selain itu, audit report lag terbukti tidak berpengaruh pada respon pasar yang menunjukkan bahwa kemungkinan besar respon pasar dipengaruhi oleh hal – hal lain di luar audit report lag, dan cukup membuktikan bahwa panjang ataupun pendeknya audit report lag yang merupakan determinan penting akan ketepatwaktuan yang berhubungan dengan karakterisitik kualitatif laporan keuangan yaitu relevan ternyata tidak cukup mempengaruhi para pengguna laporan keuangan dalam membuat keputusan investasi.
Keywords : Audit Report Lag, Market Response, Firm’s Size, accounting firm’s reputation, Extraordinary Items., Audit Report Lag, Respon Pasar Saham, Ukuran Perusahaan, Reputasi Kantor Akuntan Publik, Peristiwa Luar Biasa
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Yuwono Yuwono
Date Deposited: 23 Jan 2020 13:02
Last Modified: 23 Jan 2020 13:02
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/1639

Actions (login required)

View Item
View Item