IBRAHIM, Fitra Rahmadi and ZULAIKHA, Zulaikha,(27 July 2019), PENGARUH REPUTASI KAP, UKURAN PERUSAHAAN DAN EXTRAORDINARY ITEMS TERHADAP AUDIT REPORT LAG DAN DAMPAKNYA TERHADAP RESPON PASAR PADA SAHAM PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG BEREDAR (2017 -2018). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (188kB)
Download (188kB)
Text
Download (99kB)
Download (99kB)
Text
Download (153kB)
Download (153kB)
Text
Download (155kB)
Download (155kB)
Text
Download (164kB)
Download (164kB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh reputasi KAP, ukuran
perusahaan dan pengungkapan extraordinary items terhadap audit report lag dan
pengaruhnya pada respon pasar pada saham beredar milik perusahaan manufaktur
di Indonesia. Ukuran perusahaan diukur dari jumlah aset perusahaan yang
disederhanakan dengan logaritma natural. Reputasi KAP diproksikan dengan
menggunakan variabel dummy. Extraordinary items sebagai variabel independen
diproksikan dengan menggunakan variabel dummy. Audit report lag sebagai
variabel mediasi diukur dengan menghitung langsung jumlah hari dari akhir tahun
fiskal sampai dengan laporan audit diterbitkan. Respon pasar terhadap saham
beredar diukur dengan membandingkan rata – rata harga penutupan (closing price)
saham perusahaan di bulan – bulan di tahun 2018 sebelum laporan audit diterbitkan
dengan harga penutupan saham pada tiga bulan setelah laporan audit diterbitkan.
Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar
di Bursa Efek Indonesia selama periode 2017 – 2018. Metode pengambilan sampel
dalam penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis yang
digunakan adalah analisis regresi berganda dan regresi logistik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa reputasi KAP tidak berpengaruh
terhadap audit report lag, sedangkan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap
audit report lag dalam arah positif, yakni bahwa semakin besar perusahaan maka
semakin lama atau banyak hari yang dibutuhkan dalam menyelesaikan auditnya.
Pengaruh Extraordinary items tidak dapat dibuktikan dalam penelitian ini karena
baik sampel ataupun populasi dalam periode 2017 tidak ada yang mengalami
extraordinary events. Selain itu, audit report lag terbukti tidak berpengaruh pada
respon pasar yang menunjukkan bahwa kemungkinan besar respon pasar
dipengaruhi oleh hal – hal lain di luar audit report lag, dan cukup membuktikan
bahwa panjang ataupun pendeknya audit report lag yang merupakan determinan
penting akan ketepatwaktuan yang berhubungan dengan karakterisitik kualitatif
laporan keuangan yaitu relevan ternyata tidak cukup mempengaruhi para pengguna
laporan keuangan dalam membuat keputusan investasi.
Keywords : | Audit Report Lag, Market Response, Firm’s Size, accounting firm’s reputation, Extraordinary Items., Audit Report Lag, Respon Pasar Saham, Ukuran Perusahaan, Reputasi Kantor Akuntan Publik, Peristiwa Luar Biasa |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Akuntansi |
Depositing User: | Yuwono Yuwono |
Date Deposited: | 23 Jan 2020 13:02 |
Last Modified: | 23 Jan 2020 13:02 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/1639 |