SULISTYARIANTO, Dwi Septa and MAGNADI, Rizal Hari,(19 March 2015), ANALISIS PEMETAAN TOP BRAND MINUMAN SERBUK SARIBUAH (Studi Kasus Konsumen Produk Minuman Serbuk Saribuah Merek Nutrisari, Marimas, dan Jasjus di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (109kB)
Download (109kB)
Text
Download (93kB)
Download (93kB)
Text
Download (122kB)
Download (122kB)
Text
Download (154kB)
Download (154kB)
Text
Download (430kB)
Download (430kB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Setiap tahun, lembaga survey top brand senantiasa mengumumkan merekmerek
yang menjadi top brand pada kategori produk masing-masing. Dalam
kategori minuman serbuk saribuah, terdapat 3 merek yang senantiasa menduduki
predikat top brand dalam tiga tahun terakhir, yaitu pada tahun 2012, 2013, dan
2014. Merek ini diantaranya adalah Nutrisari, Marimas, dan Jasjus. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pemetaan ketiga merek tersebut berdasarkan persepsi
konsumen.
Penelitian ini menganalisis dimensi-dimensi distribusi, aktivitas promosi,
kualitas produk, dan brand equity. Keempat dimensi tersebut terdiri dari beberapa
atribut yang akan menghasilkan pemetaan ketiga merek Nutrisari, Marimas, dan
Jasjus. Alat uji Multidimensional Scaling (MDS) digunakan dalam menghasilkan
pemetaan top brand minuman serbuk saribuah. Penelitian dilakukan kepada 100
responden yang memenuhi syarat dengan memberikan kuesioner untuk diisi
lengkap.
Dari hasil analisis MDS menunjukkan bahwa setiap atribut yang
digunakan menghasilkan pemetaan yang bermacam-macam pada setiap merek.
Nutrisari terbukti merupakan merek dengan positioning paling kuat karena posisi
yang selalu jauh dengan merek lain. Sedangkan Marimas dan Jasjus dalam
beberapa atribut tampak berdekatan yang menunjukkan adanya persaingan kuat.
Keywords : | top brand, mapping, distribution, promotional activities, product quality, brand equity, MDS, top brand, pemetaan, distribusi, aktivitas promosi, kualitas produk, brand equity, MDS |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Heru Prastyo |
Date Deposited: | 21 Feb 2020 09:18 |
Last Modified: | 21 Feb 2020 09:18 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/3049 |