ROSALIA, Shelli and RAHARDJO, Susilo Toto,(2 November 2015), PENGARUH ATRIBUT PRODUK ROTIBOY TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI MALL CIPUTRA SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (112kB)
Download (112kB)
Text
Download (91kB)
Download (91kB)
Text
Download (91kB)
Download (91kB)
Text
Download (89kB)
Download (89kB)
Text
Download (49kB)
Download (49kB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (902kB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (902kB) | Request a copy
Abstract
Salah satu faktor yang dominan untuk memberikan pelayanan konsumen adalah dengan
mengutamakan kepuasan konsumen. Usaha memuaskan kebutuhan pelanggan harus dilakukan
secara menguntungkan (win-win solution), yaitu keadaan di mana kedua belah pihak merasa
menang dan tidak ada yang dirugikan. Dengan terjaganya kepuasan konsumen diharapkan
volume penjualan perusahaan akan tetap terjaga, dan bahkan meningkat. Diduga faktor-faktor
yang berpengaruh terhadap kepuasan konsumen dalam penelitian ini antara lain; keterjangkauan
harga, kualitas produk, desain produk dan keterandalan produk.
Teori yang digunakan untukm menggeneralisasi adalah sebagaimana dinyatakan oleh
Dutka (2010) yang menandaskan bahwa atribut-atribut produk dari kepuasan konsumen secara
universal meliputi 1) value price relatons, 2) product quality, 3) product benefit, 4) product
features, 5) product deign, 6) product reliability and consistency, and 7) range of product or
service. Dari sinyalemen Dutka tersebut diambil 4 faktor atribut produk yang dianggap
berpengaruh terhadap kepuasan konsumen Rotiboy, karena alasan avaibilitas dan visibilitas data
terkait obyek penelitian, yaitu; keterjangkauan harga, kualitas produk, desain produk dan
keterandalan produk. Dengan demikian, hipotesis yang diajukan adalah “terdapat pengaruh
positif variabel keterjangkauan harga, kualitas produk, desain produk dan keterandalan produk
secara simultan terhadap kepuasan konsumen Rotiboy”.
Sampel penelitian sebanyak 100 responden yang diambil dari konsumen yang berbelanja di
Rotiboy Mal Ciputra Semarang, yang sebelumnya dilakukan ketetapan perhitungan sample size
dengan rumus Slovin. Pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Dengan
tempo penyebaran kuesioner yang memakan waktu 20 hari, maka ke-100 kuesioner selanjutnya
diolah dan dilakukan analisis.
Berdasarkan perhitungan statistik dengan bantuan program SPSS, maka inferensinya
adalah variabel keterjangkauan harga, kualitas produk, desain produk dan keterandalan produk
secara bersama-sama maupun secara partial, berpengaruh terhadap kepuasan konsumen (Y).
Dengan demikian H1 sampai dengan H5 diterima pada taraf kepercayaan 95 persen. Mengacu
hasil penelitian maka dari ke-empat variabel bebas penelitian, maka 4 variabel bebas penelitian,
yaitu keterjangkauan harga, kualitas produk, desain produk dan keterandalan produk
kontribusinya terhadap kepuasan konsumen masih memungkinkan untuk ditingkatkan, di mana
variabel kualitas produk mempunyai pengaruh yang paling dominan terhadap kepuasan
konsumen.
Keywords : | affordability, product quality, product design, product reliability and customer satisfaction, keterjangkauan harga, kualitas produk, desain produk, keterandalan produk dan kepuasan konsumen |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Yuwono Yuwono |
Date Deposited: | 26 Feb 2020 13:22 |
Last Modified: | 26 Feb 2020 13:22 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/3221 |