MUHAMMAD, Ikbal and DARMASTUTI, Ismi,(30 March 2015), ANALISIS PENGARUH PERSEPSI HARGA, KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR MEREK YAMAHA MIO (Studi Di Dealer Yamaha Pemuda Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (566kB)
Download (566kB)
Text
Download (616kB)
Download (616kB)
Text
Download (560kB)
Download (560kB)
Text
Download (725kB)
Download (725kB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (4MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (4MB) | Request a copy
Abstract
Kedudukan suatu produk dan keunggulan di lapangan sangat penting dalam
upaya menguasai target pasar yaitu konsumen akhir. Banyak hal-hal yang
mempengaruhi seorang konsumen melakukan suatu pembelian dan aktif
melakukan evaluasi dan pencarian kemungkinan-kemungkinan berpindah dari
produk dan jasa ke produk dan jasa lain yang diharapkan dapat memuaskan
kebutuhan.
Berdasarkan data Sales di Dealer Yamaha Pemuda Semarang menyatakan
produk unggulan yaitu Yamaha Mio mengalami fluktuasi penjualan yang cukup
besar. Varian motor matic tersebut mengalami penurunan penjualan paling
signifikan pada tahun 2008 dengan hanya berhasil terjual sebanyak 9.536 unit,
sedangkan pada tahun 2010 naik menjadi 17.785 unit dan pada tahun 2012 turun
menjadi 11.210 unit hingga pada tahun 2013 naik kembali menjadi 15.130 unit.
Strategi marketing mix sangat penting dalam meraih sukses di pasar
sehingga perlu melihat adanya analisis perilaku konsumen terhadap salah satu
produk Yamaha yaitu Mio. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh
persepsi harga, kualitas produk dan kualitas layanan terhadap keputusan
pembelian sepeda motor merek Yamaha Mio.
Lokasi penelitian di Dealer Yamaha Pemuda Semarang Jl. Pemuda
Semarang. Metode probalistik sampling diterapkan mengingat banyak pengguna
pengguna sepeda motor merek Yamaha Mio dan tidak mungkin dihitung maka
diambil sampel sebanyak 100 pelanggan. Pengumpulan data melalui kuesioner
dengan skala Likert kemudian pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi.
Berdasarkan hasil analisis memberikan beberapa kesimpulan bahwa nilai t
hitung sebesar 3,108 dengan taraf signifikansi sebesar 0.002 menyatakan persepsi
harga terbukti berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, nilai t hitung
sebesar 2,731 dengan taraf signifikansi (α) sebesar 0.008 menyatakan kualitas
produk terbukti berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dan nilai t
hitung sebesar 6,448 dengan taraf signifikansi (α) sebesar 0.000 menyatakan
kualitas layanan terbukti berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian.
Implikasi teoritis dari penelitian ini bahwa keputusan pembelian dapat
dilihat dari tiga variabel yaitu persepsi harga, kualitas produk dan kualitas layanan
dengan kisaran sumbangan efektif sebesar 44,2%. Penelitian ini menitik-beratkan
pada 100 konsumen sepeda motor Yamaha Mio di Dealer Yamaha
Pemuda
Semarang sehingga memiliki cakupan generalisasi sesuai dengan kondisi pada
tempat atau instansi tersebut.
Keywords : | UNSPECIFIED, Keputusan Pembelian, Persepsi Harga, Kualitas Produk, Kualitas Layanan |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Heru Prastyo |
Date Deposited: | 12 May 2020 05:40 |
Last Modified: | 12 May 2020 05:40 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/4046 |