Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Praktik Manajemen Laba

SINAGA, David Marciano Ricardo and FAISAL, Faisal,(5 May 2015), Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Praktik Manajemen Laba. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16. S - Fulltext PDF Bookmarks - C2C009268.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengungkapan corporate social responsibility terhadap manajemen laba, dan mengetahui bagaimana karakteristik perusahaan seperti profitabilitas, leverage dan ukuran perusahaan memoderasi hubungan tersebut. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang bergerak di bidang non-keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia(BEI). Sampel dalam penelitian ini adalah 151 perusahaan yang bergerak di bidang nonkeuangan.Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi. Hasil penelitian ini menemukan bahwa pengungkapan csr berpengaruh negatif terhadap manajemen laba yang diukur dengan akrual nondiskresioner. Selain itu ditemukan bahwa variabel profitabilitas memoderasi hubungan antara pengungkapan csr dan manajemen laba. Sedangkan leverage dan ukuran perusahaan tidak memoderasi hubungan antara csr dan manajemen laba.
Keywords : csr, earning management, profitability, leverage, size, csr, manajemen laba, profitabilitas, leverage, ukuran
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Heru Prastyo
Date Deposited: 12 May 2020 07:45
Last Modified: 12 May 2020 07:45
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/4101

Actions (login required)

View Item
View Item