ANALISIS PENGARUH ATRIBUT PRODUK, KUALITAS PRODUK, KEBUTUHAN MENCARI VARIASI DAN POPULARITY TERHADAP PERALIHAN MEREK BLACKBERRY KE SAMSUNG

FAUZI, Tunjung Achmad and KAMAL, Mustafa,(29 August 2014), ANALISIS PENGARUH ATRIBUT PRODUK, KUALITAS PRODUK, KEBUTUHAN MENCARI VARIASI DAN POPULARITY TERHADAP PERALIHAN MEREK BLACKBERRY KE SAMSUNG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16.S-Full text pdf Bookmark-12010110120134.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya penurunan penjualan, market share dan TOM Brand Blackberry selama 2 (Dua) tahun berturut-turut yang mengindikasikan terjadinya fenomena beralihnya pengguna smartphone Blackberry ke Samsung. Berdasarkan data yang diperoleh, saat ini pangsa pasar smartphone dikuasai oleh produk android, Hal tersebut dapat menjadi salah satu indikasi bahwa terjadi perpindahan merek pada BlackBerry ke merek lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Atribut Produk, kualitas produk, Kebutuhan Mencari Variasi, dan Popularity terhadap Peralihan merek pada Ex pengguna Smartphone merek BlackBerry di Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang pernah menggunakan produk BlackBerry dan telah beralih ke merek Samsung. Adapun sampel dalam penelitian ini sebesar 100 responden dengan menggunakan metode purposive sampling. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Uji yang dilakukan dalam penelitian ini adalah uji validitas dan relibilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis dan koefisien determinasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh persamaan analisis regresi: Y = 0.206 X1 + 0.208 X2 + 0.288 X3 + 0.278 X4. Dari hasil analisis regresi dapat diketahui bahwa variabel Atribut produk (X1), Kualitas produk (X2), Kebutuhan mencari variasi (X3) dan popularity (X4) berpengaruh positif terhadap peralihan merek (Y). Kebutuhan mencari variasi merupakan variabel yang pengaruhnya paling bersar terhadap peralihan merek sebesar 0.288. Hasil analisis dengan menggunakan uji T menunjukkan bahwa atribut produk, kualitas produk, kebutuhan mencari variasi dan popularity secara individual memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peralihan merek. Berdasarkan uji koefisien determinasi Keempat variabel ini berpengaruh sebesar 57,9% terhadap perilaku peralihan merek sedangkan sisanya 42,1% dapat dipengaruhi oleh variabel lain. Kata kunci: Atribut Produk, Kualitas Produk, Kebutuhan Mencari Variasi, Popularity dan Peralihan Merek
Keywords : Keywords: Product Attributes, Product Quality,the Needs to find Variations, Popularity and Brand Switching, Kata kunci: Atribut Produk, Kualitas Produk, Kebutuhan Mencari Variasi, Popularity dan Peralihan Merek
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Handri Herawati
Date Deposited: 12 Jun 2020 05:03
Last Modified: 12 Jun 2020 05:03
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/4659

Actions (login required)

View Item
View Item