PENGARUH PERSEPSI MANFAAT, KEMUDAHAN PENGGUNAAN, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP SIKAP POSITIF PENGGUNAAN LAYANAN MOBILE BANKING (Survey Pada Nasabah Bank BCA Semarang)

AMANULLAH, Bastian and SUTOPO, Sutopo,(19 March 2014), PENGARUH PERSEPSI MANFAAT, KEMUDAHAN PENGGUNAAN, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP SIKAP POSITIF PENGGUNAAN LAYANAN MOBILE BANKING (Survey Pada Nasabah Bank BCA Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16. S-Fulltext Pdf Bookmark-C2A009214.PDF] Text
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah persepsi manfaat, kemudahan penggunaan, dan kepercayaan berpengaruh terhadap sikap positif penggunaan layanan mobile banking Dan penelitian ini juga bertujuan menganalisis faktor yang paling dominan pengaruhnya terhadap sikap positif penggunaan layanan mobile banking. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah nasabah yang pernah menggunakan fasilitas layanan mobile banking. Sampel pada penelitian ini sebanyak 100 responden dan tekhnik yang digunakan adalah tekhnik Nonprobability sampling dengan pendekatan accidental sampling (pengambilan sampel berdasarkan kebetulan). Metode analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif yaitu analisis regresi berganda. Analisis ini meliputi : uji validitas dan reliabilitas, uji asumsu klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan uji f, serta analisis koefisien determinasi (R2). Berdasarkan analisis tersebut, diperoleh persamaan regresi sebagai berikut, Y = 0,337 X1 + 0,327 X2 + 0,239X3 Variabel persepsi manfaat memiliki pengaruh paling besar terhadap sikap positif penggunaan layanan mobile banking sebesar 0,337, kemudian diikuti oleh variabel kemudahan penggunaan sebesar 0,327, lalu diikuti oleh variabel kepercayaan yang memiliki pengaruh paling rendah yaitu sebesar 0,239. Pengujian hipotesis yang dilakukan menggunakan uji t menunjukkan bahwa ketiga variabel independent yaitu persepsi manfaat (X1), kemudahaan penggunaan (X2), dan kepercayaan (X3) yang diteliti terbukti secara positif dan signifikan mempengaruhi variabel dependent yaitu sikap positif penggunaan layanan mobile banking (Y). Kemudian melalui uji f dapat diketahui bahwa varibel persepsi manfaat, kemudahan penggunaan, dan kepercayaan, memang layak untuk menguji variabel dependen yaitu sikap positif penggunaan layanan mobile banking. Adjusted R Square menunjukkan bahwa 74,4% variasi sikap positif penggunaan layanan mobile banking dapat dijelaskan oleh ketiga variabel independen dalam persamaan regresi berganda. Sedangkan sisanya sebesar 25,6% dijelaskan oleh variabel lain diluar ketiga variabel tersebut
Keywords : Perceived benefits, ease of use, confidence, positive attitude automobile use banking services, Persepsi manfaat, kemudahan penggunaan, kepercayaan, sikap positif penggunaan layanan mobil banking
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Nila Nurjanah
Date Deposited: 29 Jun 2020 08:14
Last Modified: 29 Jun 2020 08:14
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/5149

Actions (login required)

View Item
View Item