ANALISIS VARIAN PENGARUH INTERAKSI HARGA DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi pada Konsumen BlackBerry di Kota Semarang)

GOSELDIA, Octora Kurnia and HIDAYATI, Retno,(21 June 2011), ANALISIS VARIAN PENGARUH INTERAKSI HARGA DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi pada Konsumen BlackBerry di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16. S - Fulltext PDF Bookmarks - C2A607118.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (680kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel harga dan citra merek serta interaksi keduanya terhadap keputusan pembelian konsumen BlackBerry di kota Semarang. Penurunan keputusan pembelian konsumen BlackBerry di kota Semarang ditunjukkan dengan menurunnya tingkat penjualan BlackBerry dan banyaknya konsumen yang lebih tertarik untuk menggunakan ponsel lain, hal ini merupakan esensi masalah yang diangkat dalam penelitian ini. Penelitian ini dilakukan dengan metode survei melalui penyebaran kuesioner kepada 100 orang responden, yaitu pengguna BlackBerry di kota Semarang yang minimal telah menggunakannya selama 3 bulan. Responden diperoleh melalui teknik purposive sampling, yaitu responden dipilih berdasarkan tujuan-tujuan tertentu yang telah ditetapkan peneliti, jenis yang digunakan adalah judgement sampling. Dari penyebaran kuesioner dihasilkan sebanyak 67 responden masuk dalam kelompok harga sesuai kualitas, 17 responden kelompok harga bersaing, dan 16 responden dalam kelompok harga terjangkau. Sedangkan sebanyak 51 responden masuk kedalam kelompok merek memenuhi kebutuhan, 27 responden ke dalam kelompok merek mempertinggi citra, dan 22 orang masuk ke dalam kelompok merek memberikan nilai sesuai harga. Data yang dihasilkan diolah menggunakan Two Ways Anova dengan bantuan SPSS 17. Dari hasil Two Ways Anova dapat dibuktikan bahwa harga mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai F sebesar sebesar 33,005 dan signifikan pada 0,000 (< 0,05), citra merek mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai F sebesar 19,203 dan signifikan pada 0,000 (< 0,05), sedangkan interaksi harga dan citra merek juga mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai F sebesar 3,440 dan signifikan pada 0,012 (< 0,05).
Keywords : Price, Brand Image, Interaction of Price and Brand Image and Purchase Decision, Harga, Citra Merek, Interaksi Harga dan Citra Merek dan Keputusan Pembelian
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Gunawan Gunawan
Date Deposited: 06 Jul 2020 01:42
Last Modified: 06 Jul 2020 01:42
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/5430

Actions (login required)

View Item
View Item