ANALISIS PENGARUH KETERSEDIAAN UANG DAN WAKTU, LINGKUNGAN TOKO, NILAI BELANJA HEDONIS, DAN EMOSI POSITIF TERHADAP PEMBELIAN TAK TERENCANA (Studi Kasus pada Pelanggan Lotte Mart di Kota Jakarta)

PRASETYA, Aries and RAHARDJO, Susilo Toto,(28 June 2016), ANALISIS PENGARUH KETERSEDIAAN UANG DAN WAKTU, LINGKUNGAN TOKO, NILAI BELANJA HEDONIS, DAN EMOSI POSITIF TERHADAP PEMBELIAN TAK TERENCANA (Studi Kasus pada Pelanggan Lotte Mart di Kota Jakarta). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16.S- Fulltext PDF Bookmarks- 12010112130074.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketatnya persaingan dalam industri ritel modern yang ada di Indonesia. Hal tersebut dikarenakan banyak sekali wajah baru pemain ritel moden yang bermunculan. Namun, ada satu hal pada perilaku pembelian konsumen di ritel modern yang mencuri perhatian. Sebagian besar konsumen di kota-kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, dan Surabaya, mengalami pembelian tak terencana ketika berbelanja. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi konsumen dalam melakukan pembelian tak terencana. Dalam penelitian ini digunakan empat variabel bebas yaitu ketersediaan uang dan waktu (X1), lingkungan toko (X2), nilai belanja hedonis (X3), dan emosi positif (X4), sementara pembelian tak terencana (Y) sebagai variabel terikat. Setelah telaah pustaka dan perumusan hipotesis, pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada 100 konsumen di Lottemart Jakarta yang telah melakukan pembelian impulsif dengan menggunakan teknik purposive sampling. Untuk analisis dan pengolahan data menggunakan bantuan SPSS versi 21.0. kemudian terdapat beberapa uji yang dilakukan dalam menganalisis data, seperti uji alat ukur, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis, ditemukan bahwa keempat variabel bebas berpengaruh signifikan dan positif terhadap variabel terikat. Variabel ketersediaan uang dan waktu berpengaruh positif 0,220 dengan tingkat signifikansi 0,002. Variabel lingkungan toko berpengaruh positif 0,222 dengan tingkat signifikansi 0,010. Variabel nilai belanja hedonis berpengaruh positif 0,219 dengan tingkat signifikansi 0,003. Dan variabel emosi positif berpengaruh positif 0,397 dengan tingkat signifikansi 0,000. Adjusted R Square dari keempat variabel tersebut sebesar 59,2 persen yang berarti bahwa keempat variabel bebas tersebut mampu menjelaskan variasi dalam variabel terikat sebesar 59,2 persen dengan 40,8 persen dijelaskan oleh variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini.
Keywords : This research is motivated by intense competition in the modern retail industry in Indonesia. That is because a lot of new faces emerging modern retail players. However, there is one thing on consumer purchasing behavior in modern retailing that steal the show. Most consumers in major cities in Indonesia, such as Jakarta, Bandung, and Surabaya, experiencing unplanned purchase when shopping. This study was conducted to determine what factors are likely to influence consumers in making unplanned purchases. This study used four independent variable is the availability of money and time (X1), a shop environment (X2), hedonic shopping value (X3), and positive emotions (X4), while unplanned purchases (Y) as the dependent variable. After a literature review and hypothesis formulation, data collection is done by distributing questionnaires to 100 customers in Lottemart Jakarta who have made impulsive purchases by using purposive sampling technique. For the analysis and processing of data using SPSS version 21.0. then there are several tests that are performed in analyzing the data, such as test gauges, classic assumption test, multiple linear regression analysis, and hypothesis testing. Based on the analysis, it was found that four independent variables significant and positive impact on the dependent variable. Availability of money and time variable positive effect 0.220 with a significance level of 0.002. Store environment variable influences positively 0.222 with a significance level of 0,010. Hedonic shopping value variable effects 0.219 with a significance level of 0.003. And positive emotions variable has a positive effect of 0.397 with a significance level of 0.000. Adjusted R Square of the four variables amounted to 59.2 percent, which means that four independent variables can explain the variation in the dependent variable by 59.2 percent to 40.8 percent is explained by other variables not used in this study., Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketatnya persaingan dalam industri ritel modern yang ada di Indonesia. Hal tersebut dikarenakan banyak sekali wajah baru pemain ritel moden yang bermunculan. Namun, ada satu hal pada perilaku pembelian konsumen di ritel modern yang mencuri perhatian. Sebagian besar konsumen di kota-kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, dan Surabaya, mengalami pembelian tak terencana ketika berbelanja. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi konsumen dalam melakukan pembelian tak terencana. Dalam penelitian ini digunakan empat variabel bebas yaitu ketersediaan uang dan waktu (X1), lingkungan toko (X2), nilai belanja hedonis (X3), dan emosi positif (X4), sementara pembelian tak terencana (Y) sebagai variabel terikat. Setelah telaah pustaka dan perumusan hipotesis, pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada 100 konsumen di Lottemart Jakarta yang telah melakukan pembelian impulsif dengan menggunakan teknik purposive sampling. Untuk analisis dan pengolahan data menggunakan bantuan SPSS versi 21.0. kemudian terdapat beberapa uji yang dilakukan dalam menganalisis data, seperti uji alat ukur, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis, ditemukan bahwa keempat variabel bebas berpengaruh signifikan dan positif terhadap variabel terikat. Variabel ketersediaan uang dan waktu berpengaruh positif 0,220 dengan tingkat signifikansi 0,002. Variabel lingkungan toko berpengaruh positif 0,222 dengan tingkat signifikansi 0,010. Variabel nilai belanja hedonis berpengaruh positif 0,219 dengan tingkat signifikansi 0,003. Dan variabel emosi positif berpengaruh positif 0,397 dengan tingkat signifikansi 0,000. Adjusted R Square dari keempat variabel tersebut sebesar 59,2 persen yang berarti bahwa keempat variabel bebas tersebut mampu menjelaskan variasi dalam variabel terikat sebesar 59,2 persen dengan 40,8 persen dijelaskan oleh variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Mohamad Sulamul Hadi
Date Deposited: 09 Jul 2020 04:55
Last Modified: 09 Jul 2020 04:55
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/5640

Actions (login required)

View Item
View Item