SUBEKTI, Arief Yulian and DIRGANTARA, I Made Bayu,(6 May 2010), ANALISIS PENGARUH CITRA MEREK DAN KESADARAN MEREK TERHADAP EKUITAS MEREK SUSU CAIR DALAM KEMASAN “INDOMILK”. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (87kB)
Download (87kB)
Text
Download (97kB)
Download (97kB)
Text
Download (97kB)
Download (97kB)
Text
Download (123kB)
Download (123kB)
Text
Download (91kB)
Download (91kB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (647kB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (647kB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena persaingan merek dari
berbagai perusahaan dalam merebut Top Brand Award. Konsumen akan
cenderung percaya pada merek yang pernah meraih Top Brand Award. Penurunan
top brand index merek Indomilk untuk kategori susu cair dalam kemasan sebesar
6% dari tahun 2009-2010 mengindikasikan terdapat masalah pada ekuitas merek
Indomilk tersebut. Adapun masalah dalam penelitian ini adalah “Apa pengaruh
Citra Merek dan Kesadaran Merek terhadap Ekuitas Merek Indomilk”. Citra
merek dan kesadaran merek diduga berpengaruh terhadap ekuitas merek dan
sangat penting untuk membangun ekuitas merek yang kuat. Oleh karena itu tujuan
dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh Citra Merek dan Kesadaran
Merek terhadap Ekuitas Merek Indomilk .
Penelitian ini mengambil sampel terhadap 100 responden yang pernah
membeli atau mengkonsumsi susu cair dalam kemasan merek Indomilk dengan
metode purposive sample dan sampel aksidental. Kemudian dilakukan analisis
data yang diperoleh baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Analisis kualitatif
merupakan interpretasi dari data-data yang diperoleh dilapangan dan analisis
jawaban terbuka yang diberikan oleh responden, sedangkan analisis kuantitatif
meliputi: uji reabilitas, uji validitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier
berganda, uji F, uji t, dan analisis koefisien determinasi (X�)
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa citra merek (X1) dan kesadaran
merek (X2) terbukti secara signifikan mempengaruhi ekuitas merek (Y). Diantara
kedua variabel independen yang dianalisis kesadaran merek adalah variabel yang
memiliki pengaruh yang paling besar terhadap variabel dependen kemudian
disusul dengan citra merek.
Keywords : | Brand Image, Brand Awareness and Brand Equity, Citra Merek, Kesadaran Merek, dan Ekuitas Merek |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Yuwono Yuwono |
Date Deposited: | 15 Jul 2020 07:10 |
Last Modified: | 15 Jul 2020 07:10 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/5843 |